Pasien Covid 19 Tetap Bisa Nyoblos

Rabu, 24 Juni 2020 | 22:13:20 WIB

()



jambione.com, JAMBI- KPU Provinsi Jambi 24 Juni 2020 melaksanakan tindak lanjut perintah KPU RI terkait dengan sosialisasi PKPU nomor 5 tahun 2020 tentang pelaksanaan jadwal Pilkada 2020.

"Alhamdulillah kami dapat melaksanakan kegiatan sosialisasi PKPU nomor 5 tahun 2020 terkait pelaksanaan Pilgub," ungkap Apnizal Komisioner KPU Provinsi Jambi.

Gelombang pertama kegiatan sosialisasi PKPU tersebut para peserta yakni dari Dinkes, Rumah sakit, Gugus tugas, tim keamanan, Kesbangpol, Satpol PP, BNN. Sementara untuk gelombang kedua sosialisasi akan dilakukan kepada partai politik.

Apnizal mengatakan dalam sosialisasi pertama, mendapatkan kesimpulan bahwa pihak KPU Provinsi harus segera melakukan MoU dengan tim gugus Covid-19 Provinsi Jambi terkait protokol kesehatan.

"Kita selaku penyelenggara harus cepat melakukan MoU dengan gugus tugas Covid-19 Provinsi Jambi untuk pelaksanaan Pilkada terkait protokol kesehatan,"katanya lagi.

Ditambahkan Komisioner KPU Provinsi Jambi ini , ada beberapa hal yang dianggap sedikit berat yang harus dilalukan oleh KPU, yaitu harus melakukan Rapid test untuk seluruh penyelenggara.

"Ada hal yang berat harus kami lakukan secara cepat, yaitu melakukan rapid test terhadap seluruh penyelenggara Pilkada KPU Kab/kota karena hal tersebut membutuhkan banyak waktu dan koordinasi. Yang jelas sesegera mungkin kami akan melakukan MoU," katanya.

Sementara, bahwa di Provinsi Jambi tidak sedikit masyarakat yang punya hak pilih terpapar Covid-19. Para pemilih yang terpapar Covid-19 ini, dipastikan tetap bisa memberikan hak suaranya. Yakni dengan cara difasilitasi oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

"Kita tidak bisa menghilangkan hak pilih para pasien Covid 19 dari hak pilih mereka. Ini sesuai dengan PKPU masa pemilihan dalam Pandemi Covid-19," jelasnya.

Nantikan, petugas KPPS dengan didampingi pengawas di TPS dan para pemilih, akan membawa perlengkapan pemungutan suara dan calon pemilih yang akan diundang.

"Pasti kami akan berkoordinasi dengan Tim Gugus Tugas, agar protokol kesehatan dapat benar-benar dijalankan," jelasnya.

Selain itu, KPPS juga wajib berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

"Kita akan bersama tim gugus datang ke tempat pemilih yang terindikasi positif Corona, atau orang dalam isolasi mandiri. Tentunya menggunakan APD lengkap dan menerapkan protokol kesehatan Covid-19," pungkasnya.(fey)  





BERITA BERIKUTNYA
loading...