Baru Terealisasi Rp7 M dari target Rp400 M

Realisasi Investasi Kota Jambi Menurun

Senin, 29 Juni 2020 | 06:36:26 WIB

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Jambi, Fahmi
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Jambi, Fahmi (ist/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI- Data investasi di Kota Jambi turun tahun 2020 ini. Hal ini disebabkan karena adanya pandemi Covid-19. Sebagian besar usaha dilarang beroperasi bahkan ada yang tutup. 

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Jambi, Fahmi mengatakan bahwa realisasi investasi di Kota Jambi turun. Melalui data pusat, pada semester 1 yang dikirim secara manual hanya terealisasi Rp7 miliar. Tahun lalu realisasi investasi di Kota Jambi tembus diangka Rp1,3 triliun. Padahal targetnya hanya Rp400 miliar tahun lalu. 

"Data tersebut berdasarkan izin usaha yang dikeluarkan oleh pemerintah Kota Jambi, Provinsi Jambi, dan pusat," katanya.

Tahun 2020, melihat besarnya angka realisasi investasi tahun 2019, maka pemerintah kota Jambi menaikkan target Rp200 miliar. Sehingga target realisasi investasi tahun 2020 bisa mencapai Rp600 miliar. "Tapi diluar dugaan, karena ada Covid-19 jadi realisasinya menurun jauh," katanya.

Ia menjelaskan, hingga pertengahan 2020 ini, belum ada rencana investasi baru di Kota Jambi. Para pelaku usaha masih melihat perkembangan pertumbuhan ekonomi kedepan. 

"Saat ini banyak yang belum berani berinvestasi. Karena ekonomi secara nasional memang sedang anjlok, bahkan bidang pemerintahan juga," katanya.

Dikatakan Fahmi, beberapa peluang investasi di Kota Jambi masih terbuka. Seperti hotel berbintang, mall, supermarket, dan lainnya. Pemerintah belum akan melakukan upaya pembatasan. Sebab, secara pangsa pasar, masih terbuka lebar. (ali)





BERITA BERIKUTNYA
loading...