PPDB Akan Berakhir Jumat (03/07)

Hari Pertama, 2.602 Siswa Berebut 6 Ribu Kursi SMP Negeri

Selasa, 30 Juni 2020 | 09:02:44 WIB

(ist/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMPN Kota Jambi, telah dilakukan sejak Senin (29/6) kemarin dan akan berakhir hingga Jumat (3/7) mendatang. Hingga siang kemarin, terdata sudah ada 2.602 peserta didik baru yang mendaftar di website khusus Disdik Kota Jambi.

Kabid SMP Disdik Kota Jambi, Supardi menyebutkan, pihaknya baru hanya sebatas memverifikasi berkas pendaftaran yang masuk. Di mana teknis PPDB tahun ini dilakukan secara daring (online).

Para peserta didik baru, lanjut Supardi akan melakukan pendaftaran pada website yang telah disediakan, yakni disdikkotajambi.com . Usai masuk ke dalam website para peserta diharuskan mendaftarkan akun terlebih dahulu.

Setelah proses verifikasi akun selesai, nanti para peserta diarahkan memilih sekolah negeri yang dituju. Kemudian memilih jalun pendaftaran seperti jalur zonasi dalam kota TA 2020/2021, jalur afimarsi dalam zonasi, jalur prestasi TA 2020/2021, jalur luar kota, jalur prestasi, dan jalur afimarsi.

“Nanti di dalam website, peserta akan memasukkan NISN dan mengisi kolom yang telah disediakan di dalamnya. Terutama pastikan lokasi yang dipilih sesuai data tempat tinggal, khususnya dalam Kota Jambi. Nanti akan keluar sesuai zonasi tempat tinggal, kalau tidak cocok maka akan ditolak otomatis oleh sistem,” ungkapnya.

Kemudian para peserta akan diarahkan mengupload berbagai dokumen seperti akta kelahiran, kartu keluaraga, foto atau dokumen yang diminta dengan dirubah format JPG. “Nanti setelah selesai, peserta mendownload berkas pendaftaran sembari menunggu hasil verifikasi. Ini khusus yang sistem zonasi, untuk jalur lainnya sudah ada di website tersebut cara-caranya,” timpalnya.

Lanjutnya, pengumuman kelulusan akan dilakukan pada Rabu (8/7) mendatang. Nantinya kemungkinan besar siswa akan mulai masuk proses belajar mengajar tahun ajaran baru pada 17 Juli mendatang.

“Untuk teknis PPDB tahun ini ada sistem zonasi 70 persen, prestasi 10 persen, afirmasi 15 persen, dan orangtua pindah tugas 5 persen,” bebernya.

"Tapi kita akan akomodir juga masyarakat yang berada di perbatasan untuk masuk sekolah di Kota Jambi. Kuotanya 5 persen dalam jalur zonasi," tambahnya.

Lebih lanjut Supardi menjelaskan, teknis PBDB secara online murni dilakukan oleh pribadi masing-masing calon siswa. Ada website khusus yang disiapkan Dinas Pendidikan Kota Jambi. "Calon siswa langsung daftar sendiri melalui web, tidak ada fasilitas yang disiapkan Disdik," imbuhnya.

Dijelaskan Supardi, syarat PPDB tahun ini yakni surat keterangan lulus (SKL), KK, KTP orang tua dan Akta Kelahiran. Semua berkas tersebut dikirim melalui web.  Adapun kuota PPDB SMPN Kota Jambi tahun ini lebih kurang 6 ribu. Sementara siswa SD di Kota Jambi yang tamat tahun ini ada lebih kurang 11 ribuan.

"Kita banyak sekolah swasta juga di Kota Jambi," pungkasnya. (ali)





BERITA BERIKUTNYA
loading...