Hari ini Giliran Tadjudin Hasan, Cek Man dan Parlagutan Nasution Diperiksa

KPK Minta Tiga Tersangka Suap RAPBD Kooperatif

Selasa, 30 Juni 2020 | 09:16:24 WIB

(ist/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI – Hari ini, Selasa (30/6), penyidik KPK kembali mengagendakan pemeriksaan terhadap tiga tersangka kasus suap pengesahan RAPBD Provinsi Jambi 2017-2018. Ketiga tersangka tersebut mantan anggota DPRD Provinsi Jambi, Cek Man Tadjudin Hasan dan Parlagutan Nasution. 

Pemanggilan ketiga tersangka itu dibenarkan juru bicara (Jubir) KPK, Ali Fikri. "Sesuai informasi dari penyidik, iya benar, ketiganya dipanggil sebagai tersangka besok (hari ini) Selasa, 30 Juni 2020," kata Ali Fikri kepada  wartawan Senin (29/6) kemarin.

Dia meminta kepada para tersangka yang dipanggil untuk kooperatif terhadap proses hukum. "KPK mengingatkan para tersangka agar kooperatif dan hadir memenuhi kewajiban hukum tersebut," Tegas Ali Fikri.

Sementara itu, penasehat hukum Parlagutan Nasution, Jumanto mengaku telah mempersiapkan segala sesuatu untuk kliennya. Menurut Jumanto, dia bersama Parlagutan Nasution berangkat ke Jakarta, Senin siang kemarin. "Nanti siang  (kemarin) kita berdua ke Jakarta, biar tidak terlambat memenuhi panggilan penyidik KPK," kata Jumanto.

Lebih lanjut Jumanto menjelaskan, dalam pemeriksaan hari ini, kliennya akan kooperatif dalam segala hal. Termasuk memberikan keterangan. "Kita pasti kooperatif lah. Tidak akan ada yang kita tutup tutupi, "ujarnya.

Saat ditanyakan terkait kesiapan keluarga akan nasib Parlagutan Nasution, Jumanto mengatakan tidak tahu sama sekali mengenai perihal tersebut. "Komunikasi saya tidak sampai sana. Sejauh ini saya kordinasi sebatas perkara yang menimpa beliau (Parlagutan),’’ sebutnya.

Terkait pemeriksaan nanti, apakah kliennya akan satu ruangan saat diperiksa penyidik KPK, Jumanto mengaku belum tahu apakah mereka diperiksa satu ruangan atau tidak.

"Kalau itu lihat besok saja, (Hari ini), mereka satu ruangan atau tidak," katanya.

Menurut Jumanto, kliennya juga menyampaikan permintaan maaf  kepada masyarakat Jambi karena perbuatannya.

Sebelumnya, 23 Juni pekan lalu KPK telah melakukan penahanan terhadap tiga tersangka, Cornelis Buston, Ar Syahbandar dan Chumaidi Zaidi. Apakah Parlagutan Cs juga akan ditahan? Baru dbisa diketahui setelah pemeriksaan sore ini. (yuf)





BERITA BERIKUTNYA
loading...