Fasha : Catatan Akan Segera Kami Tindaklanjuti

Pemkot Jambi Raih WTP LKPD TA 2019

Rabu, 01 Juli 2020 | 06:54:23 WIB

(ist/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI – Pemerintah Kota Jambi kembali menerima predikat opini Wajar Tanpa Pengecaualian (WTP) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2019, kemarin (30/6). Penetapan opini WTP dilakukan secara daring bersama BPK RI Perwakilan Provinsi Jambi.

Kepala BKP RI Perwakilan Provinsi Jambi, Yuan Candra Djaisin dalam sambutannya mengatakan, di tengah kondisi pandemi Covid-19 ini, pihaknya melakukan pemeriksaan secara Work From Home (WFH). Namun demikian sebut Dia, pihaknya tetap mengedepankan kualitas pemeriksaan.

“Sesuai perundingan, bahwa BPK memeriksa LKPD bertujuan untuk menilai dan memberikan opini atas kewajaran informasi yang disampaikan,” katanya dalam video conference  bersama Wali Kota Jambi.

Ia menyebutkan, sejak dilakukannya pemeriksaan Februari lalu hingga kini, sudah cukup bukti-bukti yang diterima untuk penilaian. Kesimpulan bahwa laporan keuangan Pemkot Jambi tahun anggaran 2019, mendapatkan opini WTP.

“Meski begitu ada catatan yang perlu ditindak lanjuti,” imbuhnya.

Catatan tersebut seperti sistem pengendalian pajak, sample pengusaha yang sudah tutup namun masih diakui sebagai sumber pajak, kemudian dalam pendapatan pajak daerah, ada wajib pajak yang belum atau menyembunyikan transaksi-transaksi sehingga tidak dilaporkan. Juga pelaporan aset dari tahun ketahun yang perlu dicermati.

“Kami lihat masih ada beberapa nilai aset tetap yang berbeda dengan neraca dan ada aset tetap yang belum dinilai dan beberapa hal lainnya,” katanya.

Sementara itu Ketua DPRD Kota Jambi, Putra Absor Hasibuan turut mengapresiasi BPK Perwakilan Provinsi Jambi, yang telah melakukan pemeriksaan secara objektif dan profesional.

“Kami akan mempelajari sebagai tindak lanjut mengenai hasil pemeriksaan ini,” katanya.

Sementara Wali Kota Jambi Sayrif Fasha mengaku bangga akan raihan tersebut. Ini merupakan keempat kalinya semasa jabatan dirinya sebagai Wali Kota Jambi. Fasha menceritakan, bagaimana jerih payahnya untuk dapat meraih opini sejak ia menjabat sebagai Wali Kota Jambi.

“Kami pernah jatuh bangun mendapatkan disclaimer tahun 2016. Namun tahun 2017 pemeriksaan LKPD tahun 2015 kami meraih WTP pertama kali. Tentu ini heroik sekali,” kata Fasha.

Fasha sangat berharap atas raihan ini dapat memotivasi menjadi lebih baik. Pihaknya akan menindaklanjuti kelemahan-kelemahan OPD seperti yang disampaikan oleh BPK perwakilan Provinsi Jambi itu.

“Sebelum 60 hari sudah menunjukkan hasil yang baik. Melihat bagaimana komitmen kepala OPD dalam menyelesaikannya,” pungkasnya. (ali)





BERITA BERIKUTNYA
loading...