KPU Rekrut 8.199 Orang PPDP

Rabu, 08 Juli 2020 | 07:41:46 WIB

Komisioner KPU Provinsi Jambi, Apnizal
Komisioner KPU Provinsi Jambi, Apnizal (ist/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus melaksanakan tahapan Pilkada serentak 9 Desember mendatang. Saat ini, lembaga penyelenggara Pemilu ini tengah melakukan perekrutan Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang dilaksanakan oleh masing-masing Panitia Pemungutan Suara (PPS) di kabupaten/kota.

Komisioner KPU Provinsi Jambi, Apnizal  mengatakan masing-masing PPS di kabupaten/kota saat ini tengah merekrut PPDP. Jumlah total PPDP yang akan direkrut adalah 8.199 orang, sesuai dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pilkada serentak Desember mendatang. "Masing-masing TPS ada satu orang PPDP. Jumlah TPS kita 8.199," katanya.

Dia menjelaskan, bahwa masa kerja para PPDP ini, adalah 15 Juli hingga 13 Agustus 2020. Sehingga sebelum masa kerja dimulai, PPDP sudah ditetapkan. Saat ini, menurutnya ada yang sudah dalam tahapan penetapan, ada juga yang sedang verifikasi berkas calon PPDP.  "Rekrutmen sampai tanggal 14 Juli," katanya.

Beberapa kabupaten/kota juga sudah atau sedang melaksanakan rapid test Covid-19. Bagi yang sudah ditetapkan PPDT nya, maka rapid test telah dilakukan berikut dengan rapid test untuk PPS dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Menurut Apnizal, jika ada anggota PPDP yang reaktif Covid-19, maka akan diganti. Sementara jika PPS atau PPK ternyata reaktif, maka dilakukan isolasi mandiri untuk selanjutnya dilaksanakan swab. "Itu langsung koordinasinya ke tim gugus tugas," paparnya.

Ditanyakan mengenai anggaran untuk rapid test, disebutkan Apnizal menggunakan APBN yang langsung ditransfer ke KPU kabupaten/kota. Sehingga saat ini ada yang sudah melaksanakan rapid test untuk PPK dan PPS, ada juga yang akan melaksanakannya serentak dengan PPDP yang akan ditetapkan.

 Daerah yang sudah atau sedang melaksanakan rapid test, disebutkan Apnizal seperti Tanjab Barat, Tanjab Timur, Merangin, dan Muarojambi. KPU Provinsi sendiri, menurutnya juga sudah melaksanakan rapid test untuk seluruh komisioner dan sekretariat. "Tapi KPU Provinsi kemarin itu difasilitasi oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jambi," tandasnya.(fey)  





BERITA BERIKUTNYA
loading...