Pakai Masker Sembarangan Jadi Pemicu Naiknya Kasus Positif Korona

Rabu, 08 Juli 2020 | 21:56:34 WIB

Juru Bicara Pemerintah Untuk Covid-19 Achmad Yurianto
Juru Bicara Pemerintah Untuk Covid-19 Achmad Yurianto ()

 

Jambione.com– Kasus baru Covid-19 di Tanah Air masih terus bertambah. Bahkan pada Rabu (8/7) hari ini, rekor penambahan kasus positif mencapai titik tertinggi, yakni 1.863 kasus baru. Penggunaan masker yang tidak benar menjadi salah satu penyebab penularan masih terus terjadi.

Juru Bicara Pemerintah Untuk Covid-19 Achmad Yurianto mengapresiasi masyarakat yang sudah mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker. Sayangnya, pemakaian masker masih digunakan dengan tidak benar sehingga pencegahan penyebaran lewat droplet tidak terlaksana dengan baik.

Yuri menyesalkan banyaknya masyarakat masih memakai masker dengan tidak benar. Misalnya masih memakai tidak menutup mulut dan hidung sampai dagu.

“Kami lihat banyak masyarakat belum melakukan pemasangan masker dengan benar. Gunakan masker hanya tutup mulut saja. Ini kebiasaan yang paling sering kami lihat. Tak efektif mencegah droplet,” ungkapnya.

Kemudian menurutnya, masih banyak masyarakat yang tak rajin cuci tangan dan tak menjaga jarak. Dia meminta agar masyarakar patuh menjauhi kerumunan dan jaga jarak minimal 1-2 meter dari orang lain.

“Apalagi bagi mereka dengan penyakit penyerta dan lansia harus betul-betul mematuhi protokol kesehatan. Karena kita tidak pernah tahu siapa yang membawa virus,” paparnya.(ist/jpg)

 





BERITA BERIKUTNYA
loading...