Sudah 236 Orang Positif Corona, 108 Sembuh

Kamis, 23 Juli 2020 | 07:17:12 WIB

Juru bicara gugus tugas penanganan Covid-19 Provinsi Jambi Johansyah
Juru bicara gugus tugas penanganan Covid-19 Provinsi Jambi Johansyah (ist/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI- Kasus Covid-19 di Provinsi Jambi masih mengalami penambahan. Meski begitu, kasus pasien sembuh juga terus meningkat. Rabu (22/7) kemarin, kasus positif bertambah dua. Kini totalnya menjadi 136 orang. Sementara yang sembuh bertambah empat, menjadi 108 orang.

Data yang dirilis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi, dua pasien baru yang terkonfirmasi positif tersebut berasal dari Batanghari. Satu diantaranya memiliki riwayat perjalanan dari kota Palembang, provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Pasien tersebut berjenis kelamin laki-laki inisial DA (17).

Untuk diketahui, ini merupakan pasien positif ke lima setelah melakukan perjalanan dari Palembang. Satu pasien baru lagi berjenis kelamin perempuan, inisial IL (26) juga warga Batanghari. IL punya riwayat kontak dengan pasien positif 120.

Juru bicara gugus tugas penanganan Covid-19 Provinsi Jambi Johansyah mengatakan, kedua pasien tersebut memiliki riwayat kontak dengan pasien positif Covid-19 dan perjalanan ke wilayah dengan angka pasien positif tinggi.

Saat ini sudah ada 14 orang terkonfirmasi positif Covid-19 di Batanghari. 10 diantaranya sudah dinyatakan sembuh dan satu pasien yang meninggal dunia. Saat ini ada 3 pasien positif Covid-19 lagi yang masih menjalani perawatan.

Sementara itu, empat pasien sembuh, dua dari Batanghari dan dua dari Muarojambi.

"Dari Muarojambi ada anak laki-laki berumur 15 tahun inisial BP. Dia pasien nomor 110. Kemudian pasien 77 asal Muarojambi juga, insial MI umur 45 tahun. Keduanya termasuk pasien klaster Gowa," kata Johan.

Kemudian, dua pasien sembuh dari Kabupaten Batanghari, sebelumnya memiliki kontak dengan pasien 113. ‘’Kedua pasien tersebut, perempuan umur 24 tahun, insial YS pasien nomor 120. Kemudian YD, pasien 116, laki-laki umur 36 tahun," jelas Johan.

Menurut Johan, sampai Rabu kemarin, jumlah kasus positif cpovid-19 di Jambi sebanyak 136 pasien.  Dari mjumlah tersebut, 108 diantaranya sudah sembuh dan dua meninggal dunia. Saat ini masih ada 26 pasien lagi yang menjalani perawatan.

Johan juga mengungkapkan, saat ini sudah ada empat daerah zona hijau di Jambi.  Artinya daerah tanpa adanya pasien positif Covid-19. Sementara sisanya masuk kategori zona kuning.

Pemerintah sendiri sudah tak memakai istilah Orang Dalam Pengawasan (ODP) ataupun Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Namun menggantinya dengan istilah Suspek, atau orang yang dicurigai dengan beberapa tingkatan tergantung riwayatnya.

Sejak awal hingga saat ini sudah ada 2.872 suspek di Jambi. 2.779 diantaranya sudah terkonfirmasi. Sementara sisanya 93 masih menunggu hasil uji swab.(kum)





BERITA BERIKUTNYA
loading...