Sipir Penyelundup Divonis 5 Tahun Penjara

Rabu, 29 Juli 2020 | 06:41:08 WIB

(ist/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI- Ratiman sipir lapas kelas 2 B kuala tungkal  Yang terlibat dalam kasus penyelundupan 510,86 Gram sabu dan 150 butir pil ekstasi ke lapas divonis 5 tahun penjara oleh majelis hakim pengadilan negeri pada sidang yang digelar selasa (28/7).

Di persidangan majelis hakim menyatakan Ratiman telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana permufakatan jahat  secara tanpa hak atau melawan hukum memiliki menyimpan  menguasai atau menyediakan narkotika golongan i dalam bentuk bukan tanaman sebagaimana diatur dalam pasal 112 ayat 2 junto pasal 132 ayat 1 undang-undang Republik Indonesia nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

tid6ak hanya hukuman penjara, Ratiman juga dihukum majelis hakim pengadilan negeri jambi membayar Denda senilai Rp1miliar jika tidak dibayar maka diganti 2 bulan kurungan penjara.

Atas vonis majelis hakim, jaksa penuntut umum kejaksaan tinggi jambi menyatakan pikir–pikir  karena putusan hakim lebih rendah dari pada tuntutannya yakni 7 tahun penjara.

Majelis hakim pun memberikan waktu pikir–pikir selama 7 hari  jika tidak ada tindakan maka perkara dianggap telah inkracht dan berkekuatan hukum tetap

Diberitakan sebelumnya, Ratiman (51)  warga Kelurahan Tungkal Empat Kota, Kecamatan  Tungkal Ilir, Tanjung Jabung Barat, Jambi ditangkap oleh Ditresnarkoba Polda Jambi pada Selasa (18/2/20) lalu.
Tersangka RT  merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lembaga Permasyarakatan (LP) di  Tanjung Jabung Barat.

Direktur Reserse Narkoba Polda Jambi Kombes Pol Eka Wahyudianta mengatakan dari penangkapan dua orang itu berhasil mengamankan sabu seberat 0,5 kg dan 150 butir ekstasi.

“Saat tim melakukan penggeledahan badan dan tidak ditemukan barang bukti, namun setelah dilakukan penggeledahan di motornya, di dalam jok motornya ditemukan diduga narkotika yang dibungkus dalam kotak gula Tropicana Slim. Dalam kotak tersebut ditemukan diduga narkotika sabu seberat 0,5 kilogram (511 gram) dan Ekstasi sebanyak 150 butir (warna ungu dan warna pink).

"Selain itu, juga diamankan barang bukti lainnya berupa uang sebesar Rp. 1.962.000,- yang merupakan hasil dari upah yang bersangkutan untuk membawa narkotika tersebut ke dalam Lapas Kelas II B Kuala Tungkal,” terang Dirresnakoba Polda Jambi, Kombes Pol Eka Wahyudianta. (yuf)





BERITA BERIKUTNYA
loading...