Untuk Pembagian Daging Hewan Kurban

Imbau Warga Gunakan Kantong Ramah Lingkungan

Kamis, 30 Juli 2020 | 07:37:24 WIB

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jambi, Ardi
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jambi, Ardi (ist/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI- Menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 H yang jatuh pada 31 Juli 2020 mendatang, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, Bahan Berbahaya Beracun (PSLB3), telah mengeluarkan surat edaran Nomor 8 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha Tanpa Sampah kepada seluruh pemerintah daerah di Indonesia, termasuk Kota Jambi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jambi, Ardi menyampaikan bahwa surat edaran tersebut bertujuan untuk mengurangi sampah plastik sekali pakai. Menindaklanjuti surat tersebut pemerintah kota Jambi juga sudah mengeluarkan surat edaran walikota. Di mana warga dalam menyembelih hewan kurban harus tetap mematuhi protokol kesehatan dan mengurangi sampah.

"Surat edaran yang dikeluarkan oleh KLHK bersifat imbauan dimana kita mendorong dan melaksanakan pembagian daging kurban tanpa kantong plastik. Hal ini sebagai salah satu wujud implementasi program pengurangan dan penanganan sampah melalui keterlibatan masyarakat, dan tetap mengacu protokol kesehatan," ujar Ardi saat dijumpai di aula Bappeda kota Jambi, Rabu (29/7).

Selanjutnya, Pemkot Jambi juga mengimbau agar panitia pembagian daging kurban menyediakan sarana dan prasarana pengelolaan sampah seperti tempat sampah yang terpilah di lokasi pelaksanaan salat Idul Adha dan pembagian daging kurban. Selain itu diharapkan juga menggunakan kantong plastik yang ramah lingkungan. 

"Dalam surat edaran tersebut, KLHK memberikan alternatif yang dapat digunakan sebagai wadah daging kurban adalah daun seperti daun pisang/jati, anyaman bambu (besek) dan wadah lain yang tersedia di daerah masing-masing. Namun yang terpenting adalah wadah tersebut dapat digunakan [secara] ulang ataupun dikomposkan sehingga tidak menimbulkan sampah plastik di lingkungan," katanya.

Ardi mengatakan, khusus pembagian daging kurban kepada masyarakat di jajaran Pemerintah Kota Jambi akan menggunakan wadah berupa besek dimana pemerintah sudah memesan sebanyak 10.000 buah. 

Sebagai informasi, surat edaran yang dikeluarkan oleh KLHK berdasarkan hukum melalui Undang-Undang (UU) Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah, UU Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Selanjutnya, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 81 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga serta PP Nomor 97 Tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategis Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga. (ali)





BERITA BERIKUTNYA
loading...