Tingkat ODF di Bawah 60 Persen

Kamis, 30 Juli 2020 | 07:40:15 WIB

(Ali Ahmadi/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI – Melalui Forum kota Sehat, kini Pemkot Jambi terus berbenah untuk meraih penghargaan Swasti Saba Wistara 2021. Salah satunya adalah mengumpulkan sejumlah OPD terkait berserta jajaran kecamatan, Rabu (29/7) kemarin, di Aula Bappeda Kota Jambi.

Pembina Forum Kota Sehat Kota Jambi, Maulana menyebutkan, tujuan dikumpulkannya OPD terkait yakni, menegaskan bahwa, Forum Kota Sehat bekerja untuk membantu pemerintah mewujudkan indikator pembangunan di bidang kesehatan.

“Sebab pembangunan kesehatan tidak bisa di Dinkes saja. Tetapi pembangunan lingkungan sarana prasarana, dan lain-lain termasuk pengelolaan sampah, adalah bagian intergal pembangunan kesehatan,” jelas Maulana, yang juga Wakil Wali Kota Jambi ini.

Memang diakui Maulana, saat ini Forum Kota Sehat terganjal akan laporan data dan dokumentas pihak terkait. Sehingga diperlukan sepemahaman antar pihak. “Saya menegaskan angka-angka capaian hasil pembangunan, agar terdokumentasi sehingga ada penilaian kota sehat tahun ini dan bisa  tercapai dari tahun lalu,” sebutnya.

Sementara hal-hal yang harus dikejar untuk memenuhi sejumlah indikator penilaian antara lain, seperti kawasan tanpa rokok, fasilitas difabel, pengelolaan sampah serta ketersedian air bersih.

“Secara umum angka-angka itu sudah baik. Hanya pendokumentasian yang diminta oleh forum Kota Sehat untuk mempercepat pembangunan di bidang kesehatan,” singkatnya.

Senada juga dikatakan Ketua Forum Kota Sehat Kota Jambi, Nadia. Dia menyebutkan, tujuannya adalah untuk menyamakan langkah apa saja yang dibutuhkan memenuhi persyaratan mengajukan penerimaan penghargaan Swasti Saba Wistara. Di mana tahun sebelumnya, Kota Jambi telah meraih penghargaan Swasti Saba Wiwerda.

“Yang menjadi catatan penting, penilaian sekarang berbeda dari tahun sebelumnya. Di mana sebelumnya hanya 9 indikator, sekarang 10 indikator,” sebutnya.

Adapun penambahan indikator tersebut yakni, mengenai e-goverment. Sehingga dikatakan Nadia, dalam hal peran Diskominfo sangat dibutuhkan. “Termasuk ODF juga menjadi persyaratan. Sebab kalau di bawah 60 persen tidak layak ikut. Sejauh ini, ODF Kota Jambi di atas 50 persen. Memang saat ini data terlambat update,” pungkasnya. (ali)





BERITA BERIKUTNYA
loading...