Ketua KONI Harus Bijak Kelola Keuangan

Selasa, 04 Agustus 2020 | 16:57:51 WIB

(Indrawan/jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI-Sosok calon ketua umum KONI Jambi terus jadi perbincangan. Salah satunya disampaikan ketua demisioner Pengprov Perkemi Jambi, Mursyid Sonsang.

Dia mengatakan untuk menjadi ketua KONI dibutuhkan orang yang bisa dekat ke semua kalangan. Baik itu kalangan olahraga itu sendiri dan masyarakat. "Dan yang lebih penting adalah dekat dengan pimpinan daerah dan pimpinan DPRD,"katanya saat dihubungi kemarin.

Dia juga menjelaskan bahwa memimpin KONI butuh keahlian khusus sehingga jangan sampai mengorbankan kepentingan olahraga itu sendiri. "Boleh berafiliasi dengan parpol atau tokoh politik atau bahkan calon gubernur. Tapi ingat, yang dipimpin adalah induk olahraga prestasi di Provinsi Jambi. Jadi jangan sampai justru olahraganya yang kemudian jadi nomor dua di bawah kepentingan lain,"ulas mantan ketua PWI Jambi dua periode ini.

Sudah kenyang dengan menjadi pengurus berbagai cabang olahraga, Mursyid Sonsang juga mengingatkan agar siapapun ketua KONI nanti tidak mengelola anggaran secara sentralistik. Beri kebebasan bidang-bidang lain membuat anggaran dan melaksanakan. "Tapi tetap harus bisa dipertanggungjawabkan. Kalau dikelola secara sentralistik, distribusi anggaran ke bidang-bidang tidak merata. Padahal yang paling membutuhkan justru cabor,"bebernya.

Dia pun meminta ketua berikutnya bisa lebih kooperatif dengan anggaran.

Termasuk hubungan dengan pimpinan legislatif dan eksekutif di Jambi pun oleh Mursyid dikatakan sangat penting. Seorang ketua KONI, ungkapnya, harus bisa juga diterima oleh dua pemangku kebijakan di Provinsi Jambi. "Jangan terus karena berasal dari bendera salah satu calon gubernur kemudian hubungan jadi tidak harmonis. Harus profesional. Kedepankan kepentingan olahraga Jambi dulu,"tegasnya.(tya)





BERITA BERIKUTNYA
loading...