Pemilihan Ketua KONI, Sebelum atau Sesudah Pilgub Jambi ?

Rabu, 05 Agustus 2020 | 06:53:30 WIB

(ist/Jambione.com)

Jambione.com, JAMBI-Waktu ideal pemilihan ketua KONI Jambi saat ini menjadi krusial. Jadwal yang berdekatan dengan pemilihan Gubernur membuat pemilihan ketua KONI rentan politisisasi.

Beberapa pengurus cabang olahraga (cabor) pun bersuara. Intinya mereka mengatakan siap berpartisipasi jika agenda pemilihan dilaksanakan. Kapanpun itu.

Heru, Sekum Pengprov FPTI Jambi mengungkapkan bahwa jika memang jadwal pemilihan tetap dilakukan Desember tidak masalah. "Kami siap berpartisipasi,"tukasnya.

Lain dengan Sekum Pengprov Pelti Jambi, Aswari Hefni. Ia mengatakan jika memang anggota KONI sudah kuorum minta pemilihan dipercepat tentu lebih baik. Hanya memang kendala saat ini adalah masih dalam masa pandemi covid-19. "Jadi untuk mengelar pertemuan pun rasanya butuh kerja ekstra,"sambungnya.

Lain lagi dengan Mursyid Sonsang. Ketua Pengprov Perkemi Jambi ini mengatakan sebaiknya dilaksanakan setelah gubernur terpilih. Sebab banyak diketahui bahwa calon-calon ketua KONI banyak berasal dari kalangan politisi atau orang-orang yang dekat dengan bakal calon gubernur Jambi. 

"Sudah rahasia umumlah bahwa bakal-bakal calon ketua KONI ini punya kedekatan politis dengan para calon gubernur Jambi. Itulah yang harus dipertimbangkan dengan masak agar hanya karena kepentingan politis, olahraha yang seharusnya jadi kepentingan utama ketua KONI jadi terpinggirkan,"ulasnya. 

Saat ini, imbuhnya, setidaknya 4 nama sudah muncul sebagai bakal calon ketua KONI Jambi. Mereka adalah Budi Setiawan, H Rahman, Fernando Heryanto dan Indra Armendaris. 

"Semua tahulah keempatnya punya hubungan dengan masing-masing calon gubernur. Nah, kalau dipaksakan pemilihan dilakukan sebelum ada gubernur terpilih bisa kurang produktif. Dikhawatirkan ketua terpilih nanti ternyata dari pendukung atau tim sukses calon gubernur lain. Ini tentu akan merugikan kepentingan pembinaan olahraga prestasi seperti yang lalu-lalu,"bebernya. (tya)





BERITA BERIKUTNYA
loading...