Gubernur Akan Buka Rakerda SMSI Jambi, Janji Perhatikan Nasib Media di Tengah Pandemi Covid-19

Selasa, 11 Agustus 2020 | 20:24:54 WIB

()

 

 

 

Jambione.com, JAMBI - Gubernur Jambi H Fachrori Umar berharap media siber di Jambi, khususnya yang tergabung dalam Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Jambi  semakin berintegritas dan menjunjung tinggi kode etik jurnalistik. Dia juga berharap SMSI bisa bekerja sama dengan Pemprov Jambi. Sebagai mitra pemerintah untuk dalam pembangunan hingga terwujud Jambi Tuntas 2021.

Harapan ini disampaikan Gubernur Fachrori saat menerima kunjungan Pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Jambi, Senin (11/8) siang. Audiensi yang berlangsung di ruang kerja gubernur itu berlangsung hangat, penuh keakrababan dan diselingi canda dan tawa.

Rombongan pengurus SMSI dipimpin oleh sang Ketua Muhktadi Putranusa yang juga Pempred Jambi TV. Dia didampingi sejumlah Wakil Ketua, Sekretaris dan seksi. Diantaranya,

Sabar Yusminiardi;Wakil Ketua Bidang Organisasi (metrojambi.com), Sekretaris Pirma Satria (Jambiupdate.co). Lalu juga ada pengurus lainnya yang merupakan pimpinan redaksi media.  Seperti Paisal Kumar (Pemred Jambione.com, Risza S Basaar (Jambi independent.co.id), M.Surtan (Onlinejambi.com), Hendri Nursal (Jambi Daily.com), Beni (Lampukuning. id), dan Sri Junia Putri (Rubrik Jambi).

            Pada kesempatan itu, ketua SMSI Provinsi Jambi Mukhtadi Putranusa menyampaikan kepada Gubernur rencana Rapat Kerja Daerah (Rakerda) SMSI Provinsi Jambi yang akan digelar pada Sabtu, 29 Agustus 2020 nanti. Audisensi tersebut sekaligus mengundang gubenur untuk membuka acara rakerda tersebut.

            Menurut Mukhtadi rakerda tersebut sebagai bentuk koordinasi untuk menghadapi Rapat Kerja Nasional (rakernas) SMSI yang akan digelar 9 September nanti. Selain itu, Mukhtadi juga menjelaskan kepada gubernur sejarah singkat berdirinya SMSI, hingga menjadi salah satu organisasi perusahaan media konstituen Dewan Pers.

            ‘’ Empat bulan lalu, SMSI resmi menjadi konstituen Dewan Pers. Secara nasional, saat ini sekitar 1.700 perusahaan media siber sudah bergabung dan menjadi anggota SMSI. Khusus di Jambi, ada 67 media siber yang bergabung. Jumlah ini kemungkinan akan terus bertambah,’’ kata Pemred Jambi TV ini.

            Sementara itu, Gubernur Fachrori Umar menyambut baik dan mengapresiasi kehadiran SMSI Provinsi Jambi. Orang nomor satu di Provinsi Jambi itu juga menyatakan kesiapannya hadir dan membuka Rakerda SMSI yang akan digelar di Hall RM Pagi Sore, Kota Jambi, 29 Agustus nanti.

            "Saya akan hadir dan membuka Rakerda SMSI tersebut," kata Fachrori. Dia pun meminta Karo Humas dan Protokol Setda Provinsi Jambi Johansyah memasukkan agenda Rakerda SMSI itu dalam jadwal kegiatannya.

            ‘’ Saya berharap melalui rakerda ini dapat menjadikan media siber semakin berintegritas dan dunia jurnalistik  makin baik. Khususnya, saya juga harap program SMSI sebagai mitra pemerintah ikut berpartisipasi membangun Jambi untuk mewujutkan Program Jambi Tuntas 2021," katanya.

            Selain soal Rakerda, Mukhtadi juga menyampaikan harapan media kepada gubernur. Salah satunya adalah meminta Pemprov Jambi memperhatikan kondisi media siber di tengah Covid19. Seperti pedoman Menteri Keuangan terkait pembantuan industri media massa, salah satunya memperbanyak iklan pelayanan masyarakat terhadap antisipasi Covid19 ini.

            Audiensi tersebut ditutup dengan tiga pantun oleh Fachrori. Diantaranya, ‘’Batanghari Airnyo Tenang. Walaupun Tenang Deras lah ke Tepi. Masyarakat Jambi hidupnyo lah tenang. Meski pun tenang, Kalau Dapat Rezeki tolong dibagi bagi.’’    Kemudian dilanjutkan dengan sesi foto foto dan berswafoto pengurus SMSI dengan Gebernur Fachrori Umar.

            Usai audiensi, Mukhtadi mengatakan, inti pertemuan tersebut gubernur menyambut baik maksud kedatangan pengurus SMSI. ‘’ Selain agenda SMSI, kita juga menjelaskan dampak covid 19 bagi media di Jambi. Baik cetak, elektronik dan lainnya. Gubernur juga mengatakan Insyaallah tak tinggal diam dan akan ikut perhatikan media," jelasnya kepada wartawan.(ist)





BERITA BERIKUTNYA
loading...