Berikan Tali Asih untuk Veteran dan Launcing Call Center 112 dan Wawako Irup Penurunan Bendera

Peringati Kemerdekaan, Fasha Pimpin Upacara Pengibaran Sang Merah Putih

Selasa, 18 Agustus 2020 | 07:11:55 WIB

Wali Kota Jambi DR. H. Syarif Fasha, ME
Wali Kota Jambi DR. H. Syarif Fasha, ME (Ali Ahmadi/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI-Meski dalam suasana pandemi Covid-19, namun upacara pengibaran Sang Merah Putih dalam rangka Peringatan ke 75 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di lapangan utama kantor Wali Kota Jambi, Senin pagi (17/8/2020), tetap berlangsung khidmat.

Pemerintah Kota Jambi sukses menggelar upacara Proklamasi Kemerdekaan itu dengan Inspektur Upacara Pengibaran Bendera Wali Kota Jambi Syarif Fasha, dan yang bertindak sebagai pembaca teks Proklamasi Ketua DPRD Kota Jambi Putra Abshor Hasibuan. Sementara pada sore harinya, upacara penurunan Sang Merah Putih yang dipimpin oleh Inspektur Upcara Wakil Wali Kota Maulana juga berlangsung khidmat dan sukses.

Puncak acara peringatan pada pagi harinya ditandai dengan pengibaran Sang Merah Putih. Memang prosesinya tak berlangsung seperti biasa, upacara pengibaran bendera kali ini hanya dihadiri oleh beberapa unsur saja, hal ini karena wabah Covid-19 yang masih melanda Indonesia, tak terkecuali di Kota Jambi.

Selain peserta, pasukan pengibar bendera di bawah binaan Dispora Kota Jambi yang terdiri dari unsur pelajar terpilih pun juga dibatasi. Di mana pelajar yang bertugas adalah Paskibraka Kota Jambi tahun 2019. Namun demikian, tampak mantap dan percaya diri hingga sukses menampilkan kemampuan terbaiknya.

Momentum peringatan HUT Proklamasi di Kota Jambi itu juga dirangkai dengan mengikuti upacara peringatan Detik-detik Proklamasi di Istana Negara secara virtual yang berlangsung di Ruang Pola Kantor Wali Kota Jambi.

Rangkaian upacara diakhiri dengan penyerahan Tali Asih dari Pemerintah Kota Jambi kepada veteran dan janda veteran yang sudah menjadi agenda rutin Pemkot Jambi setiap peringatan HUT RI. Namun pada kesempatan kali ini, penyerahan tersebut di wakilkan oleh Ketua LVRI kota Jambi, H Kholil.

Wali Kota Jambi, Syarif Fasha, pada kesempatan itu mengatakan, bahwa dirinya bersyukur karena saat pelaksanaan upacara berjalan sukses dan lancar. Dirinya berterima kasih kepada tim Paskibraka dan seluruh masyarakat Kota Jambi yang sudah mendoakan suksesnya upacara tersebut.

“Alhamdulillah  petugas pelaksana dari Paskibraka dan dari seluruh tim perwira upacara, komandan upacara semua dapat menjalankan tugasnya dengan baik, kami mengucapkan selamat,” sebut Fasha.

Fasha juga mengajak generasi muda untuk mengisi kemerdekaan dengan mengaplikasikan sumber daya sesuai dengan slogan Indonesia Maju.

Pada peringatan HUT RI ke-75 ini, Fasha menjelaskan ada sedikit perbedaan dalam proses pelaksanaannya hal ini dikarenakan dalam masa pandemi. Ia mengatakan, bahwa untuk proses pengibaran bendera Merah Putih juga dilaksanakan oleh Paskibraka tahun 2019.

Pada peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 75 tahun ini, Wali Kota Fasha, baik sebagai pribadi dan atas nama Pemerintah Kota Jambi, juga menyampaikan apresiasinya kepada segenap masyarakat Kota Jambi atas kebersamaan dalam Kebhinekaan yang terus terpelihara, seperti yang telah ditunjukkan dengan bahu membahu dalam pembangunan termasuk menjaga situasi Kota Jambi yang kondusif hingga saat ini.

Fasha juga mengajak memaknai Proklamasi Kemerdekaan sebagai titik balik dalam melanjutkan perjuangan pendahulu bangsa Indonesia.

"Para pahlawan telah mendedikasikan seluruh hidupnya untuk berjuang memerdekakan bangsa ini. Segenap jiwa dan raga dikorbankan untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang berdaulat. Sebagai generasi penerus, perjuangan dan pengorbanan para pendahulu itu tidak boleh disiakan. Perjuangan mereka harus tetap kita kobarkan, dengan diwujudkan dalam tindakan dan kerja nyata. Mari kita mulai dari Kota Jambi, membangun daerah tercinta ini secara merata, berkeadilan dan berkelanjutan," tegas Fasha.

Momentum peringatan HUT ke 75 Proklamasi di Kota Jambi kali ini juga dirangkai dengan acara peresmian Call Center 112 Kota Jambi, yang dipusatkan di ruang kendali JCOC Kota Jambi. Acara yang dilaksanakan secara virtual bersama Kementerian Kominfo RI itu, turut pula dihadiri oleh jajaran Forkompimda Kota Jambi.

Prosesi peresmian diawali dengan sambutan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang diwakili oleh Direktur Pengembangan Pitalebar Direktorat Jenderal Penyelenggaran Pos dan Informatika (PPI) Kementerian Kominfo Ir Marvels P Situmorang MT. Selain itu turut pula hadir Sub Koordinator Evaluasi Infrasus Pitalebar, Trisna Daryanti.

Dalam sambutannya Direktur Pitalebar Kementerian Kominfo menyampaikan apresiasi atas mulai beroperasinya call center 112 di Kota Jambi.

"Kami turut menyampaikan apresiasi beroperasinya Call Center 112 di Kota Jambi, dan Kota Jambi menjadi daerah yang ke 63 menggunakan system panggilan darurat ini, semoga dapat bermanfaat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," ujar Marvels.

Ia menambahkan masyarakat kota Jambi dapat memanfaatkan layanan Call Center 112 ini secara gratis. Yang dapat digunakan untuk mempermudah pelayanan pengaduan masyarakat untuk kebakaran, bencana, ambulance medis, gangguan keamanan, kecelakaan dan kasus kegawatdaruratan lainnya.

"Untuk memudahkan akses masyarakat, Kementerian Kominfo akan selalu mendukung layanan ini, salah satunya memberikan rekomendasi pembukaan akses seluruh operator seluler untuk layanan 112 di Kota Jambi," tambahnya.

Sementara itu, Wali kota Fasha menyampaikan rasa bangganya dengan hadirnya layanan berbasis IT di Kota Jambi itu. Bagaimana tidak, layanan Call Center 112 menurut Fasha merupakan mimpi besarnya, selain sukses dirinya membawa Kota Jambi menjadi 25 daerah di Indonesia yang menjadi percontohan, pilot project pertama di bidang smart city oleh pemerintah pusat.

"Ini mimpi saya lainnya yang baru terealisasi selama 7 tahun. Kami sudah membuat loncatan besar dalam bidang smart city, sejak awal kepemimpinan kami. Hari ini, hal tersebut makin sempurna karena kehadiran layanan 112 di Kota Jambi. Alhamdulillah berkat kerja keras selama ini dan dukungan Kementerian Kominfo kita mendapatkan fasilitas ini, dan kita adalah pemerintah daerah ke 63 dari 514 Kabupaten dan Kota di Indonesia," ujar Fasha.

Lebih lanjut, Fasha menjelaskan layanan Call Center 112 merupakan layanan kegawatdaruratan masyarakat yang dilaksanakan secara terintegrasi dalam satu nomor panggilan.  

"Call Center 112 memberikan layanan yang cepat, tepat dan konsisten, terkait hal-hal yang bersifat emergency. Selama ini kami sudah membuat layanan masyarakat berbasis aplikasi, seperti Homecare, PSC, Damkar, dan lain sebagainya. Namun, masih bersifat parsial. Dengan adanya layanan ini, semua terintegrasi. Berbagai nomor layanan yang beraneka macam selama ini, terintegrasi menjadi 112," ungkap Fasha.

Fasha juga menjelaskan layanan call center 112 tersebut, akan mempermudah layanan kepada masyarakat, karena hal tersebut selalu menjadi komitmen dirinya selama menahkodai Pemerintahan di Kota Jambi.

"Kita boleh memiliki berbagai aplikasi pelayanan masyarakat. Namun yang terpenting adalah bagaimana komitmen dan konsistensi kita, yang didukung oleh seluruh jajaran Pemkot dan juga seluruh Forkompimda. Seluruh dukungan tersebut sangat dibutuhkan, karena secanggih apapun sistem tanpa dukungan masyarakat dan stakeholder, tidak akan berarti apa-apa. Semoga masyarakat dapat memaksimalkan layanan ini," pungkas Fasha.

Sementara itu, pada sore harinya upacara penurunan Sang Merah Putih dilaksanakan dengan khidmat. Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Wakil Wali Kota Jambi, Dr dr H Maulana MKM.(ali)






BERITA BERIKUTNYA
loading...