Wujudkan Smart Village Government, Tim Pengabdian IP Unja Berikan Pemahaman ke Forum Kades Jaluko

Kamis, 27 Agustus 2020 | 10:21:57 WIB

()

JAMBIONE.COM, JAMBI - Dalam rangka melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi, Tim Pengabdian Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Jambi melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat Kecamatan Jambi Luar Kota (Jaluko), Rabu (26/8/2020). 

 

Tim Pengabdian terdiri dari Rio Yusri Maulana S.IP., M.I.Pol yang juga merupakan Sekretaris Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Jambi selaku ketua Tim Pengabdian dan juga Alva Beriasnyah, S.IP., M.IP sebagai anggota tim dan juga Dosen Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Jambi serta Ketua Laboratorium Ilmu Pemerintahan Universitas Jambi. 

 

Peserta dalam kegiatan ini adalah para Kepala Desa dan juga Sekretaris Desa yang tergabung dalam Forum Kepala Desa Sekecamatan Jambi Luar Kota.

 

Ketua Forum Kepala Desa, A.Rasyid yang juga Kepala Desa Pematang Jering dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Universitas Jambi yang telah besedia memberikan pemahaman kepada para kepala desa tentang tata kelola pemerintahan Smart Village Government. 

 

Beliau juga menyampaikan harapan agar kegiatan ini tidak hanya sekedar selesai sampai disini tetapi juga mengharapkan Prodi Ilmu Pemerintahan Unja mau mendampingi desa-desa yang ada di Kecamatan Jambi Luar Kota untuk mewujudkan Smart Village Government. 

 

Camat Kecamatan Jambi Luar Kota yang dalam kegiatan ini diwakili oleh Sekcam Kalduni, SH dalam sambutanya yang sekaligus membuka acara menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Tim Pengabdian Prodi Ilmu Pemerintahan yang telah bersedia melakukan pengabdian di wilayah kecamatan Jambi Luar Kota. 

 

"Harapan agar kegiatan ini tidak hanya sekedar seremoni tetapi hasil dari kegiatan ini dapat dirasakan dan dapat memberikan perubahan dalam mewujudakan tata kelola pemerintahan yang smart," katanya.

 

Alva Beriansyah, S.IP., M.IP dalam pemaparannya mengatakan, lahirnya UU Desa Nomor 6 tahun 2014 memberikan harapan besar bagi kehidupan di desa, Desa yang selama ini hanya menjadi obyek pembangunan pemerintahan diatasnya sekarang menjadi subyek dan dapat menentukan sendiri arah pembangunan desa. Melalui perubahan paradigma diharapkan dapat mewujudkan desa yang mandiri. 

 

"Wilayah desa-desa yang ada di Kecamatan Jambi Luar Kota yang terletak di pinggiran kota dan sebagai desa penyangga perkotaan atau yang sering disebut Urban Village memiliki infrastruktur dan potensi yang memadai untuk mewujudkan Smart Village Government  dalam tatakelola pemerintahannya," ujar Alva Beriansyah, S.IP., M.IP. 

 

Menurut paparan Rio Yusri Maulana, S.IP., M.I.Pol, Konsep Smart Village Government adalah inovasi penggunaan teknologi informasi dalam tatakelola pemerintahan desa atau sering disebut dengan desa digital. 

 

Terdapat 6 variabel dalam mewujudkan Smart Village, 1) Smart Governance 2) Smart Branding 3) Smart Ekonomy 4) Smart living 5) Smart Society 6) Smart Environment. Untuk mewujudkan Smart Village Government diperlukan Smart Kades hal ini dikarenakan Kepala Desa merupakan Kunci Sukses Smart Desa, dengan adanya Smart Kades diharapkan muncul inovasi-inovasi dari desa melalui Smart Village Government. 

 

Untuk mewujudkan Smart Village Government, Rio Yusri Maulana dalam paparannya menambahkan bahwa Prodi Ilmu Pemerinthan Universitas Jambi melalui Laboratorium Ilmu Pemerintahan Universitas Jambi siap bersama-sama bermitra dan memberikan pemahaman bersama dengan desa-desa yang ada di Jambi Luar Kota.(*) 





BERITA BERIKUTNYA
loading...