Ruko Penjual Karpet Terbakar

Senin, 14 September 2020 | 06:50:11 WIB

(Idrus/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI - Kebakaran hebat terjadi di kawasan Gang Siku, Kecamatan Pasar, Kota Jambi, Minggu (13/9) siang. Sebuah rumah toko (Ruko) penjual karpet ludes dilalap sijago merah dalam musibah yang terjadi sekitar pukul 13.45 Wib tersebut

Informasi di lapangan menyebutkan, sumber api diduga berasal konsleting listrik. Saat kebakaran, ruko penjual karpet itu dalam kondisi tertutup. Api pertama kali diketahui berasal dari lantai dua disertai dengan asap hitam kecoklat coklatan.

Kuat dugaan, api dengan cepat menyebar karena di lantai dua ruko tersebut dijadikan gudang penyimpanan karpet. Petugas pemadam kebakaran yang turun ke lokasi sempat mengalami kesulitan memadamkan api. Selain asap cukup pekat, di lantai dua penuh dengan karpet yang mudah terbakar. Kemudian, jendela lantai dua juga sudah dipasang terali.

Pantauan di lapangan, setidaknya petugas pemadam kebakaran membutuhkan waktu sekitar tiga jam untuk menjinakkan api. Untuk bisa menembus ke sumber api, petugas harus membongkar teralis terlebih dulu. Petugas juga harus dibantu oleh escalator portabel.

Kabid Operasi Penyelamatan Pemadam Kebakaran, Damkar Kota  Jambi, Rino, menyebutkan, sebanyak 8 unit mobil damkar dan 3 mobil Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jambi dikerahkan untuk memadamkan api di pasar gang siku tersebut. ‘’ Api sulit dipadamkan, karena berasal dari lantai 2," ujarnya, di lokasi kejadian.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Jambi, Ferry mengatakan pihaknya kesulitan dalam proses pemadaman lantaran sulitnya akses jalan masuk. Menurut dia, ruko yang terbakar tersebut diketahui milik Sulaiman. ‘’Sebanyak 8 armada damkar dan 3 mobil DLH kita kerahlan ke lokasi. Air yang digunakan sebanyak 104.000 liter," kata Ferry

"Di lantai dasar ruko untuk jualan, lantai dua dijadikan gudang. Isinya bahan mudah terbakar. Kemudian petugas kita kesulitan menembus ke sumber api, karena ada teralis. Kita membutuhkan waktu 3 jam untuk memadamkan api," jelasnya.

Untungnya tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Menurut Ferry, pihaknya belum bisa memastikan penyebab kebakaran. ‘’ Besok ada petugas khusus yang menginvestigasi untuk penyelidikan," ujarnya.

Sementara itu Pihak Kepolisian Resort (Polsek) Pasar, Kota Jambi, telah memeriksa beberapa orang untuk menyelidiki penyebab kebakaran ruko penjual karpet tersebut. ‘’ Kasus kebakaran ini masih dalam lidik," kata Kapolsek Pasar, AKP Indar, di lokasi kejadian, Minggu (13/9).

Indar mengakui telah memeriksa sejumlah orang yang mengetahui  kejadian kebakaran tersebut. "Kita sudah memeriksa sejumlah orang. Saat ini kita belum bisa menyimpulkan," tambahnya.

Sementara itu di lapangan sempat beredar informasi adanya dugaan kebakaran tersebut disengaja. “Ruko kami tutup bang. Dak ado orang di situ. Ini sengajo dibakar bang,” ujar salah seorang yang tidak mau disebutkan namanya di lokasi kejadian. (yuf)





BERITA BERIKUTNYA
loading...