Tekan Polusi Wilayah Perkotaan

Targetkan 1.500 Kendaraan Uji Emisi

Rabu, 16 September 2020 | 07:22:28 WIB

Sejumlah kendaraan mengikuti uji emisi di Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Jambi untuk menekan polusi di Kota Jambi.
Sejumlah kendaraan mengikuti uji emisi di Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Jambi untuk menekan polusi di Kota Jambi. (Ali Ahmadi/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jambi menggelar uji emisi gratis kendaraan roda empat. Uji emisi tersebut dilaksanakan selama tiga hari yakni mulai 15 September hingga 17 September.  Uji emisi dilaksanakan di tiga tempat yakni lapangan kantor Damkar dan Penyelamatan  kota Jambi, di depan Mall WTC kota Jambi dan di depan GOR kota Baru Jambi. 

Dikatakan Ardi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kota Jambi targetnya ada 1.500 kendaraan roda empat yang melakukan uji emisi. 

"Ini untuk menjaga agar suasana perkotaan tetap sejuk dan tak banyak polusi. Karena biasanya perkotaan itu polusinya 70 persen dari asap kendaraan," kata Ardi, di Kantor Damkar dan Penyelamatan Kota Jambi, Selasa (15/9).

Sementara kendaraan yang tidak lolos uji emisi, kata Ardi akan diarahkan untuk segera melakukan servis secara berkala. Selain itu disarankan untuk mengganti bahan bakar, jika memang dipengaruhi oleh bahan bakar.

Menurutnya saat ini gas buang kendaraan roda empat untuk kota Jambi belum begitu berpengaruh seperti di kota metropolitan. Karena di Kota Jambi masih banyak tanaman tumbuh untuk menyerap gas buang yang ada. 

“Namun pada beberapa titik tertentu, gas buang sangat meningkatkan kualitas udara di Kota Jambi. Misalnya pada saat jam pergi kerja atau pulang kerja, banyak kendaraan yang keluar sehingga mempengaruhi kualitas udara,” sebutnya. 

Pelaksanaan uji emisi ini akan dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya. Sebab, ini salah satu cara untuk menjaga kualitas udara dari kendaraan yang lalu lalang di Kota Jambi. “Ini sudah menjadi kegiatan rutin ini, rencananya tahun depan akan kita anggarkan lagi,” ujarnya.

Ia mengatakan dari hasil pelaksanaan uji emisi tersebut akan dievaluasi. Tentunya nanti akan berefek pada kebijakana pemerintah, dalam menjaga lingkungan. 

"Bisa saja nanti akan ada kebijakan kendaraan yang tak lolos uji emisi tidak diperkenankan masuk ke Kota Jambi. Tapi itu belum," katanya. (ali)





BERITA BERIKUTNYA
loading...