Korupsi Auditorium UIN, John Simbolon dan Kristiana Divonis 8 Tahun, Iskandar 7 Tahun

Rabu, 16 September 2020 | 21:20:28 WIB

()

 

Jambione.com, JAMBI- Tiga terdakwa kasus korupsi proyek pembangunan auditorium UIN Sulthan Taha Syaifuddin Jambi yang juga kuasa direktur PT Lambo Ulina (Lamna) dinyatakan bersalah oleh Hakim Pengadilan Tipikor Jambi, Rabu (16/9). Mereka adalah John Simbolon, Iskandar Zulkarnain dan Kristiana. 

            Ketua majelis hakim Erika Emsah Ginting menyatakan ke tiga terdakwa tidak bisa mempertanggungjawabkan uang negara yang digunakan pada proyek ini senilai Rp 8 Miliar lebih.

Kemudian uang yang seharusnya digunakan untuk pembangunan auditorium tidak digunakan sesuai peruntukannya. Bahkan, hingga akhir kontrak, gedung auditorium belum bisa dimanfaatkan.

            Akibat perbuatannya, hakim memvonis terdakwa John Simbolon dan Kristiana 8 tahun penjara.   " Menyatakan terdakwa John Simbolon terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama sebagaimana dakwaan primer, dan menjatuhkan pidana penjara selama 8 tahun,’’ kata Hakim Erika Emsah Ginting saat membacakan amar putusan. 

            Selain pidana penjara, kedua terdakwa juga dijatuhkan pidana tambahan berupa denda sebesar Rp500 juta subsider 4 bulan penjara. Para terdakwa juga harus mengembalikan uang pengganti kerugian negara masing-masing Rp 2,1 miliar subsider 4 tahun penjara.

            Berbeda dengan dua rekannya, terdakwa Iskandar Zulkarnain divonis lebih ringan, 7  tahun penjara. Iskandar juga dikenai denda sebesar Rp500 juta subsider 4 bulan penjara. Selain itu, Iskandar juga diwajibkan membayar uang pengganti kerugian negara sebesar Rp 2 Miliar subsider 3,5 tahun penjara.

 Meski memiliki peran yang sama dengan dua terdakwa lainnya, hukuman dua terdakwa lainnya lebih berat karena status residivis yang melekat pada terdakwa John Simbolon dan Kristiana. Atas putusan majelis hakim, baik terdakwa maupun jaksa penuntut umum menyatakan pikir-pikir. Yuf)

 





BERITA BERIKUTNYA
loading...