Seleksi CPNS Kemenkum dan HAM Dilaksanakan secara Daring

Kamis, 15 Oktober 2020 | 07:50:48 WIB

(Indrawan/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI-Rabu (14/10-2020) ratusan peserta seleksi CPNS Kemenkumham mengikuti seleksi. Total 249 peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) di Aula Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jambi. 

SKB melalui tes Wawancara, Pengamatan Fisik dan Keterampilan (WPFK). Mereka yang telah melewati CAT SKB dan SKD ini berasal dari berbagai jenjang pendidikan. Mulai dari   Sarjana (S1), Diploma (D3), dan SLTA. Pada hari pertama ini dijadwalkan sebanyak 126 peserta mengikutinya.

Kakanwil Kemenkum dan HAM Jambi, MHD Jahari Sitepu, mengatakan, seleksi CPNS berlangsung sangat fair dan transparan. "Penguji berasal dari Kanwil Jambi dan Kementerian pusat. Semua tes dilakukan secara online dan bisa langsung dipantau oleh kementerian,"tegas Jahari Sitepu. 

Dia pun menjamin bahwa seleksi ini sangat transparan. "Untuk penguji pun diundi di depan peserta. Tiap tim penguji diisi dua orang. Satu dari kementerian dan satu dari kanwil. Jadi tidak ada permainan,"bebernya. 

Proses WPFK ini dimulai dengan presensi peserta dan dilanjutkan dengan pemeriksaan tindik, tato setelah itu peserta akan melalukan wawancara. Dalam proses wawancara, terdapat 6 kelompok dengan jumlah pewawancara 12 orang ( 6 Orang dari Panitia Pusat dan 6 orang dari Panitia Daerah) yang sebelumnya diundi untuk transparansi proses wawancara ini.

Kepala kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jambi Mhd. Jahari Sitepu memberikan pengarahan kepada peserta sebelum pelaksanaan tes.  “Kepada para peserta agar tidak tegang dan tetap tenang dalam proses ini,"ujarnya.

Dalam pelaksanaan SKB melalui WPFK ini juga tetap menerapkan protokol Kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah. Sebelum memasuki ruangan ujian, peserta wajib antre dengan jarak minimal 1,5 meter mengenakan masker dan cuci tangan.

Sehari sebelumnya, Selasa (13/10-2020) Kemenkumham Jambi juga menggelar  Psikotes Calon Taruna/Taruni Sekolah Kedinasan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Imigrasi (Poltekim) Tahun 2020 wilayah Provinsi Jambi dipusatkan di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jambi Jl. Kapten Sujono No.36128, Paal Lima, Kota Baru, Kota Jambi.

Kakanwil Kemenkum dan HAM Jambi, MHD Jahari Sitepu meminta peserta tidak percaya kepada orang-orang yang menjanjikan kelulusan. "Karena yang bisa meluluskan kalian yaitu kemampuan kalian sendiri,"tegasnya. 

Sementara itu Kepala Divisi Administrasi Slamet Pramoedji mengatakan agar peserta santai dalam menjawab soal-soal yang diujikan. "Dan jangan lirik kanan kiri,” ungkapnya.

 Psikotes ini dilaksanakan selama satu hari dengan total 24 peserta dibagi menjadi dua sesi.(tya)





BERITA BERIKUTNYA
loading...