Adu Tuah Masnah, Cik Bur, Ivan dan BBS, Muarojambi Jadi Arena Pertempuran Terpanas Tiga Paslon

Jumat, 16 Oktober 2020 | 07:37:05 WIB

(ist/jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI- Tiga pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Jambi diprediksi bakal bersaing ketat meraih dukungan pemilih di Kabupaten Muarojambi. Seperti di Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), ketiga paslon juga disokong para tokoh tokoh berpengaruh di Bumi Sailun Salimbai tersebut.

Setidaknya ada empat elit lokal yang saling berseberangan dan akan beradu tuah untuk  memenangkan jagoannya masing masing. Di kubu pasangan nomor urut 1 Cek Endra-Ratu Munawaroh ada Ivan Wirata. Anggota DPRD Provinsi Jambi Dapil  Batanghari- Muarojambi itu merupakan Ketua DPD II Golkar Muarojambi.

Nama Ivan cukup mengakar di Muarojambi. Dia pernah bertarung sebagai Calon Bupati Muarojambi di Pemilihan Bupati tahun 2017 lalu. Meski ketika itu kalah, dia diyakini masih punya jaringan kuat. Ini terbukti Ivan bisa terpilih sebagai anggota DPRD Provinsi Jambi dari Dapil daerah ini di Pileg 2019 lalu.

Basis Ivan diantaranya di Kecamatan Mestong, Jambi Luar Kota, Bahar Raya (Sungai Bahar, Bahar Selatan dan Bahar Utara)  dan kawasan Sungai Gelam. Selain itu, Nama Ivan juga cukup mengakar di wilayah wilayah Muarojambi yang posisinya di pinggiran Kota Jambi.

Kemudian, di kubu nomor Urut 2 Fachrori Umar- Syafril Nursal ada Burhanuddin Mahir, mantan Bupati Muarojambi dua periode (2006-2011 dan 2011-2016). Kini politisi senior yang biasa dipanggil Cik Bur ini menjabat sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Jambi.

Selain dikenal sebagai politisi ulung, nama Cik Bur juga sangat mengakar di Bumi Sailun Salimbai. Kepiawaiannya menggarap massa sudah tidak diragukan lagi. Cik Bur juga memiliki basis pemilih yang cukup militan. Diantaranya di daerah kelahirannya, Jambi Kecil, Kecamatan Maro Sebo, Sekernan, Sengeti, Sungai Bahar, Taman Rajo. Dan sebagai mantan bupati dua periode, Cik Bur dipastikan sudah mengenal betul karakter pemilih di Muarojambi.

Lalu di kubu nomor urut 3 pasangn Al Haris-Abdullah Sani, ada  Masnah Busro dan Bambang Bayu Suseno (BBS). Keduanya kini menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Muarojambi. Sebagai penguasa  daerah, keduanya sudah jelas memiliki basis pemilih yang militan. Menguasai segala infrastrutur yang dibutuhkan untuk memenangkan jagoannya.

Masnah memiliki basis kuat di wilayah Kumpeh, Kumpeh Ulu. Sementara BBS memiliki basis pemilih di Bahar Raya, Mestong dan Sungai Gelam. Mereka berdua juga mengenal betul karakter dan tipikal masyarakatnya.

 Jika mencermati kekuatan tokoh di belakang tiga paslon, banyak yang memprediksi Muarojambi bakal menjadi salah satu arena pertarungan terpanas pada 9 Desember nanti. Selain menguasai medan dan memiliki basis pemilih yang kuat, masing masing tokoh juga sudah teruji. Karena sama sama pernah bertarung di pemilihan bupati daerah tersebut.

Siapa yang paling bertuah? Tergantung lagi pada strategi dan keseriusan keempat tokoh tersebut benar benar berjuang semaksimal mungkin memenangkan jagoannya atau tidak. Ivan Wirata diyakini bakal ‘matian matian’ memenangkan CE-Ratu. Selain punya tanggung jawab sebagai Ketua Partai Golkar, mantan Kadis Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Jambi ini juga punya kepentingan jangka panjang di Pilbup Muarojambi 2022 nanti.

Ivan diyakini masih penasaran setelah diluar dugaan kalah dari pasangan Masnah-BBS di 2017 lalu. Dia hampir dipastikan bakal maju lagi di Pilbu 2022 mendatang. Makanya, memenangkan pasangan nomor urut 1 dengan jargon CERAH menjadi ujian bagi Ivan.

Begitu juga dengan Burhanuddin Mahir. Sebagai Ketua Partai Demokrat Provinsi Jambi yang mengusung Fachrori Umar, tentu dia punya beban moral untuk memenangkan paslon yang diusung. Apalagi dia dipercaya sebagai Ketua Koalisi partai pengusung pasangan nomor urut 2 dengan jargon BERKAH tersebut.

Selain itu, Pilgub ini juga menjadi pertaruhan nama besar Cik Bur sebagai politisi senior yang selama karir politiknya terkenal licin dan jarang kalah dalam suatu pertarungan.

Nah… bagaimana dengan Masnah dan BBS? Dari informasi yang diperoleh, BBS sudah dipastikan bakal serius memenangkan Haris-Sani. Sebagai kader militan PAN, dia diyakini bakal berjuang sekuat tenaga memenangkan pasangan nomor urut 3 dengan Jargon MANTAP yang diusung partainya.

Selain itu, BBS juga punya kepentingan jangka panjang di Pilbup Muarojambi 2022 nanti. Setelah lima tahun menjadi wakil, kabarnya BBS diproyeksikan PAN naik kelas maju sebagai calon Bupati dari PAN di Pilbup nanti. Makanya, memangkan Haris-Sani juga menjadi ujian dan Aajang pemanasan bagi BBS. 

Yang diragukan banyak pihak saat ini adalah Masnah. Kemana dia akan mengarahkan dukungan? Jauh sebelum tahapan Pilgub dimulai, Masnah masuk dalam kelompok empat Bupati yang menyokong AL Haris, bersama Romi Hariyanto (Bupati Tanjabtim), Adi Rozal (Bupati Kerinci) dan Mashuri (Bupati Bungo). 

Bahkan, mereka tercatat dua kali melakukan ‘pertemuan politik’ yang dikemas dengan acara Olah Raga Bersama, di Bungo dan Kerinci. Masnah juga pernah mendampingi Haris yang menghadiri sejumlah acara tidak resmi di Muarojambi.

Namun belakangan, seiring berjalannya waktu, setelah masuk tahapan Pilgub, Masnah juga terlihat dekat dengan Cek Endra dan Ratu. Bahkan dia pernah menerima kedatangan CE dan Ratu secara terpisah. Begitu juga orang tuanya, H Busroh. Selain itu, kabarnya Masnah juga sempat ditawari CE menjadi Ketua DPD II Golkar Muarojambi. Namun, belakangan posisi tersebut jatuh ke tangan Ivan Wirata.

Selain itu, beberapa waktu lalu, setelah penetapan paslon, 23 September, Masnah juga menerima kedatangan Syafril Nursal, calon wakil gubernur nomor urut 2 yang berpasangan dengan Fachrori Umar. Menurut informasi yang diperoleh Jambi One, kini Masnah semakin intens dipepet pasangan nomor urut 2.

Bahkan kabarnya, kini Masnah jadi bimbang menentukan arah dukungannya. Selain dekat dengan ketiga calon, Masnah juga memikirkan langkah politik jangka panjangnya ke depan. Karena dia masih punya ambisi maju lagi di Pilbup Muarojambi 2022 nanti.

Makanya dia tidak mau secara frontal atau terang terangan mendukung salah satu paslon, seperti Romi Hariyanto di Tanjab Timur. ‘’ Masnah serba salah. Kalau habis habisan masuk ke Haris-Sani, di sana ada BBS. Sementara kalau ke CE-Ratu ada Ivan wirata. Dua nama itu kemungkinan besar bakal menjadi pesaing beratnya di Pilbup Muarojambi 2022 nanti. Jadi pilihan realistisnya ke pasangan nomor urut 2,’’ kata salah seorang di internal Fachrori-Syafril.

Menurut sumber ini, jika ke nomor 2, Masnah berpeluang diusung Demokrat di Pilbup nanti. ‘’ Makanya, kini Masnah terus kita pepet. Kayaknya sudah hampir pasti ke kita. Tapi kan tidak mungkin terang terangan,’’ katanya.

Sementara itu pengamat politik dari Unja, Dori Efendi memprediksi pertarungan tiga paslon Cagub-Cawagub di Muarojambi bakal berlangsung ketat. Selain bukan sebagai daerah basis asal paslon, Muarojambi juga menjadi salah satu ‘daerah seksi’ yang jumlah mata pilihnya cukup besar. ‘’ Boleh dibilang Muarojambi bakal menjadi salah satu arena pertarungan terpanas antar paslon, selain Kota Jambi,’’ katanya.

Dori juga tidak menampik, ‘pertempuran’ di Muarojambi ini juga akan diwarnai dengan pertarungan elit lokal. Seperti Masnah Busro, Burhanuddin Mahir, Ivan Wirata dan Bambang Bayu Suseno. ‘’ Karena itu bukan daerah basis asal, tentu paslon akan mengandalkan tokoh tokoh lokal berpengaruh disana untuk memenangkan pertarungan. Soal siapa dari empat tokoh lokal itu yang paling bertuah tentu perlu analisis lagi,’’ jelasnya.

Menurut analisa Dori, jika dinilai dari posisinya saat ini, sudah jelas Masnah dan BBS punya kelebihan yang tidak dimiliki Ivan dan Burhanuddin Mahir. Menurut dia sebagai incumbent, Masnah-BBS punya segala kekuatan infratruktur untuk dikerahkan memenangkan jagoannya. ‘’ Bupati dan Wakil Bupati itukan penguasa, ini jelas akan membawa efek elektoral bagi paslon yang disokongnya,’’ katanya.

Meski demikian, Dori tidak menampik, Cik Bur dan Ivan juga memiliki kekuatan yang tidak bisa dipandang enteng. Namun, keduanya tidak memiliki kekuasaan di sana. ‘’ Sebagai penguasa daerah itulah kelebihan nyata Masnah dibandingkan tiga yang lainya. Ini menjadi keuntungan bagi palon yang disokongnya,’’ pungkasnya. (kum)





BERITA BERIKUTNYA
loading...