AJB Langgar Pasal 71 Junto Pasal 188 UU Pilkada

Jumat, 16 Oktober 2020 | 19:55:53 WIB

()

JAMBIONE.COM, Jambi- Wali Kota Sungaipenuh, Asafri Jaya Bakri (AJB) telah ditetapkan sebagai tersangka atas video yang beredar beberapa waktu lalu. Di dalam video itu, AJB yang saat itu sedang melaksanakan tugasnya selaku wali kota, membagikan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), tiba-tiba mengajak warga untuk memilih salah satu kandidat di Pilgub Jambi.

Wein Arifin, Anggota Bawaslu Provinsi Jambi ketika dikonfirmasi mengatakan, berdasarkan video yang beredar itu, pihaknya menelusuri, mencari saksi-saksi dan bukti-bukti lain.

Kemudian dilakukan pembahasan tahap 1, kemudian penyelidikan. Selanjutnya dilakukan pembahasan tahap 2.

"Dalam pembahasan tahap 2 itu, berkas kemudian dilimpahkan ke kepolisian. Kemudian pihak kepolisian melakukan penyidikan. Itu dilakukan sejak 5 Oktober lalu. Sampai akhirnya pihak kepolisian menetapkan status tersangka, itu wewenang kepolisian," katanya.

Saat ini, berkas sudah dilimpahkan ke jaksa. Dalam waktu lima hari ini, jaksa akan melimpahkan berkas tersebut ke pengadilan. 

Wein mengatakan, dalam video itu, AJB melanggar pasal 71 junto pasal 188, UU Pilkada tahun 2016. AJB menggunakan kewenangannya sebagai wali kota dalam program PKH, untuk menguntungkan salah satu kandidat. 

"Itu dinilai menguntungkan salah satu kandidat," tandasnya.(*) 





BERITA BERIKUTNYA
loading...