Antisipasi Penyebaran Covid-19

Gugus Tugas Buat Regulasi Pilkada

Senin, 19 Oktober 2020 | 07:19:25 WIB

Wakil Wali Kota Jambi, Maulana
Wakil Wali Kota Jambi, Maulana (ist/jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI – Meskipun Kota Jambi tidak melaksanakan pesta demokrasi pada Desember mendatang. Namun Kota Jambi turut andil bagian dalam proses pemilihan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur, masa bakti 2021-2024 mendatang.

Maka dari itu, mengingat saat ini dalam masa pandemi. Wakil Wali Kota Jambi, Maulana yang juga Wakil Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jambi, sangat berharap pelaksanaan Pilkada serentak tersebut dapat berjalan dengan baik dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

Belum lama ini, Satgas penangan Covid-19 Kota Jambi melakukan rapat koordinasi tentang penanganan Covid-19 dalam tahapan masa pilkada Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Provinsi Jambi.

“Ada beberapa poin penting yang disepakati melibat kan tim pemenangan dari masing-masing paslon,” sebut Maulana.

Maulana menegaskan, semua tim pemenangan maupun paslon dalam tahapan kampanye hingga pemungutan suara harus berkomitmen mematuhi protokol kesehatan dan surat edaran yang berlaku.

“Tahapan ini nantinya akan diawasi oleh masing-masing tim pemenangan yang telah ditunjuk sebagai tim penanganan Covid-19,” sebut Maulana.

Maka dari itu, Maulana meminta kepada tim pemenangan agar mengirimkan beberapa nama yang dipercaya atau ditunjuk sebagai tim penanganan Covid-19 selama tahapan-tahapan Pilkada beralngsung.

Tujuannya tak lain, agar dapat berkoordinasi dan membantu tim Satgas penanganan Covid-19 Kota Jambi. Baik dalam hal mencegah penyebaran Covid-19 ataupun penanganannya sendiri.

“Tim ini nanti sebagai pendukung Tim Satgas Covid-19 Kota jambi. Sehingga ketika nanti dalam tahapan Pilkada ada gejala Covid-19, dapat dicegah. Ini juga agar mereka yang disinyalir melanggar tidak dikenakan sanksi yang berlaku,” jelas Maulana.

Beberapa poin yang disepakati seperti di antaranya, tim pemenangan ataupun paslon tetap mengikuti semua regulasi yang telah ditetapkan oleh komisi pemilihan umum, maupun badan pengawas pemilu.

Kemudian mematuhi semua protokol kesehatan yang telah dikeluarkan dari satuan tugas Covid-19 Kota Jambi, bersedia menerima sanksi apabila pasangan calon melakukan pelanggaran dalam ketentuan yang sudah ditetapkan baik dari perundang-undangan yang berlaku maupun protokol kesehatan, dan beberapa poin lainnya.

“Kita minta juga tidak membuat kerumunan di tangah masyarakat saat bersosilisasi ataupun berkampanye. Terapkan 3M, menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” tutup Maulana. (ali)





BERITA BERIKUTNYA
loading...