Pendaftaran CPNS Dibuka April, Pemprov Ajukan 600 Formasi

Selasa, 12 Januari 2021 | 07:00:37 WIB

(Ist/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI – Ini kabar gembira bagi pencari kerja yang berminat mendaftar sebagai CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK). Pendaftaran CPNS tahun 2021

dibuka mulai April hingga Mei 2021 mendatang. Sebanyak 113.172 kuota usulan untuk mengisi formasi CPNS pusat. Sementara, untuk pemerintah daerah tersedia sebanyak 438.170.

Adapun formasi yang masih menjadi prioritas di CPNS tahun ini masih sama dengan 2020 kemarin. Diantaranya tenaga kesehatan, tenaga guru, dan tenaga teknis. Ketiga formasi itu menjadi prioritas dengan harapan dapat mendukung arah serta prioritas pembangunan nasional, juga potensi daerah.

Khusus bagi PPPK (Pejabat Pembina Kepegawaian) untuk jabatan guru, itu disesuaikan berdasarkan kesepakatan sejumlah menteri yang terlibat. Yaitu Mendikbud, Menteri PANRB, Menkeu, Mendagri, serta BKN (Badan Kepegawaian Negara). Dalam penerimaan CPNS 2021 ini, BKN akan melakukan rekrutmen dengan jumlah total 1 juta formasi. Guna mengakomodasi hal ini, khusus untuk pengajuan usulan formasi Guru PPPK, BKN memperpanjang sampai tanggal 31 Desember 2021.

Karena, sampai akhir bulan Agustus 2020, usulan formasi untuk Guru PPPK yang sudah masuk dari 32 pemerintah daerah provinsi, 370 pemda kabupaten, dan 89 kota, baru ada 174.077. Kemudian, dalam tahun 2021 ini, khusus seleksi bagi guru PPPK rencananya bakal berlangsung tiga kali.

Khusus Pemprov Jambi telah mengusulkan sebanyak 600 formasi, baik untuk CPNS maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) ke pusat. Sekda Provinsi Jambi, Sudirman mengatakan, penerimaan CPNS nantinya masih sama dengan sebelumnya, yakni pada tenaga kesehatan dan tenaga teknis. Sedangkan untuk guru dialihkan ke PPPK.

"Kita ajukan 600 formasi. Untuk PPPK dan PNS sesungguhnya hak dan kewajiban sama. Yang berbeda hasil pendapatan," katanya, Senin (11/1).

Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jambi, Pahari menjelaskan, dari 600 formasi yang diusulkan, 260 diantaranya untuk PPPK (guru). Menurut dia, sejauh ini usulan tersebut belum mendapatkan persetujuan. Begitu juga dengan jadwal pasti kapan penerimaan CPNS dan PPPK akan dibuka. "Kita sudah usulkan tapi dari Kemenpan belum ada persetujuan (formasi, red). Untuk sekarang sudah ditutup sistemnya, kita tinggal tunggu disahkan formasi," kata dia.

Nantinya, lanjut Pahari, setelah ada ketentuan dari formasi yang diajukan, baru akan diketahui jadwal penerimaan menyusul diterangkannya petunjuk teknis penerimaan PPPK.

"Seperti bagaimana pelaksanaan tes, apa umur 35 terlebih dulu atau masa kerja diutamakan," ujarnya.

Pahari mengatakan pengusulan 600 formasi itu disesuaikan dengan jumlah pensiunan setiap tahunnya. "Mudah-mudahan kita bisa lewati evaluasi pusat karena sudah sesuai dengan jumlah pensiun kita di angka 300-an pegawai pertahun," pungkasnya.(ist)





BERITA BERIKUTNYA
loading...