5.052 Warga Kota Jambi Terima BST

Kamis, 14 Januari 2021 | 07:24:48 WIB

Noviarman Kepala Dinas Sosial Kota Jambi
Noviarman Kepala Dinas Sosial Kota Jambi (Ist/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI-Sebanyak 5.052 kepala keluarga (KK) di Kota Jambi menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial yang disalurkan melalui Kantor POS Indonesia. Penerima BST tersebut mendapatkan bantuan uang tunai senilai Rp300 ribu perbulan. 

Noviarman Kepala Dinas Sosial Kota Jambi mengatakan, BST di Kota Jambi sudah disalurkan oleh pihak penyalur. Pihaknya sebut Noviarman, hanya sebagai pendamping.

Noviarman menyebutkan, pada 2021 ini penyaluran pertama sudah dilakukan dan telah di terima oleh penerima bantuan pada tanggal 12 Januari 2020 yang dilakukan secara bertahap. Sebanyak 5.052 penerima bantuan di Kota Jambi tersebut tersebar di 11 kecamatan di Kota Jambi.

“Penyaluran BST tersebut dilakukan secara bertahap oleh Kantor POS agar protokol kesehatan COVID-19 bisa diterapkan,” kata Noviarman, kemarin (13/11).

BST tersebut kata Noviarman, merupakan jaring pengaman sosial bagi masyarakat tidak mampu yang terdampak pandemi COVID-19 secara sosial dan ekonomi yang terjadi setahun belakangan ini.

“Penerima merupakan warga yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS),” ujarnya.

Selain terdaftar dalam DTKS, penerima bantuan sosial tersebut adalah mereka yang kehilangan pekerjaan karena pandemi COVID-19. Selain itu, penerima bantuan sosial juga tidak terdaftar dalam penerima bantun sosial lainnya seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Nontunai (BPNT) dan penerima kartu prakerja.

Sementara, Kepala Kantor POS Cabang Jambi Agung mengatakan, penyaluran BST tersebut dilakukan di kantor POS. Masyarakat dapat mendatangi kantor pos terdekat di wilayahnya dengan membawa undangan dan KTP elektronik untuk diverifikasi oleh petugas. 

"Untuk wilayah yang sulit dijangkau, BST nya akan di antar oleh petugas kantor pos, tapi Kantor POS dalam wilayah Kota Jambi cukup mudah di akses dan dijangkau," kata Agung. (ali)





BERITA BERIKUTNYA
loading...