Kasus Dugaan Korupsi Pengadaan Seragam Linmas

Kasatpol PP dan Polisi Jalani Sidang Dakwaan

Kamis, 14 Januari 2021 | 07:28:18 WIB

(Idrus/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI - Empat terdakwa kasus dugaan korupsi pengadaan seragam linmas di Satuan Polisi Pamong Pradja (Satpol PP) Kabupaten Merangin Akmal Zein yang merupakan kasat Pol PP kabupaten Merangin, Iskandar, Suli Handoko dan Achirudin yang merupakan anggota Polri aktif jalani sidang dakwaan di Pengadilan Negeri Korupsi Jambi, Rabu (13/1). 

Dalam perkara ini Suli Handoko adalah Direktur CV Fiko Putra Merangin, Akmal Zen Kasatpol PP Kabupaten Merangin sebagai Pejabat Pembuat Komitmen, Iskandar selaku Ketua Pokja pada pengadaan seragam dan atribut Linmas. 

Pembacaan dakwaan dilakukan oleh Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Merangin secara terpisah. Surat dakwaan dibacakan di hadapan majelis hakim yang diketuai Jon Effendi. 

Dalam dakwaan disebutkan bahwa nilai anggaran untuk pembuatan seragam dan atribut linmas di Satpol PP Kabupaten Merangin nilainya 1,3 Miliar rupiah untuk pembelian 1.732 pices seragam serta atribut. 

Pakaian linmas dan atributnya tersebut akan digunakan untuk proses pengaman Pilkada. Dengan anggaran bersumber dari APBD yang diajukan melalui ULP Kabupaten Merangin tahun 2018. 

Namun dalam pelaksanaannya ditemukan perbuatan melawan hukum. Seperti adanya unsur sengaja memenangkan CV Fiko Putra Merangi dalam proses lelang. 

Serta sejumlah bahan seragam dan atribut yang tidak sesuai dengan spesifikasi dan harga hingga menimbulkan kerugian negara. 

Berdasarkan hasil aduit yang dilakukan BPKP Kantor Wilayah Provinsi Jambi, nilai kerugian negara dalam pengadaan seragam dan atribut linmas tersebut mencapai 400 juta rupiah lebih. 

Terdakwa diancam dengan pidana pada dakwaan subsider pasal 2 ayat (1), junto pasal 18 Undang-Undang nomor 31 tahun 2019 tentang tindak pidana korupsi, junto pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Atau dakwaan subisder pasal 3, junto pasal 18 undang-undang nomor 31 tahun 1999 tentang tindak pidana korupsi, junto pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.(yuf)





BERITA BERIKUTNYA
loading...