Perayaan HPN di Jambi Sukses, Gubernur Pamit Pada Insan Pers

Rabu, 10 Februari 2021 | 07:44:07 WIB

(Ist/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI- Perayaan puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2021 di Jambi berlangsung sukses, Selasa (9/2). Selain mengikuti agenda nasional bersama Presiden RI Joko Widodo secara virtual, acara yang dilaksanakan di auditorium rumah dinas Gubernur Jambi juga diisi dengan agenda lokal yang dilaksanakan PWI Provinsi Jambi dan dihadiri Gubernur Jambi Fachrori Umar. Yaitu pemberian anugerah PWI Jambi Award kepada kepada 10 tokoh.

Dari 10 tokoh tersebut lima dari birokrat dan lima lagi kepada para wartawan senior yang sudah mendidikasikan dirinya untuk kemajuan Pers Jambi dan PWI Provinsi Jambi. Lima tokoh dari Birokrat penerima PWI Jambi Award kali ini adalah Gubernur Jambi Fachrori Umar, Sekda Provinsi Jambi Sudirman, Kapolda Jambi Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo, Bupati Tebo Sukandar, dan Bupati Tanjung Jabung Timur Romi Hariyanto.

Lalu lima dari dari internal PWI, yaitu Mursyid Sonsang, Almarhum Murman Toha, Almarhum Syamsul Watir, Almarhum Syamsuddin Noor dan Almarhum Daniel Sijan. Selain PWI Jambi Award, PWI Provinsi Jambi juga akan menyerahkan piagam penghargaan khusus kepada Almarhum Syamsul Bahri Hasibuan atas dedikasi dan loyalitasnya selama menjadi pengurus dan anggota PWI Provinsi Jambi.

Ketua Umum PWI Provinsi Jambi, HR Ridwan Agus Depati mengatakan penghargaan ini merupakan apresiasi PWI Provinsi Jambi kepada kepala daerah atau birokrat yang peduli kepada kemajuan pers di Jambi. Selain itu mereka juga dinilai memiliki dedikasi, integritas dan menginspirasi dalam menjalankan tugas. ‘’Selain itu ada juga penilaian khusus dari PWI. Yang jelas penerima PWI Jambi Award ini sudah melalui seleksi yang ketat,’’ katanya.

Gubernur Jambi Fachrori Umar mangatakan pers memiliki kontribusi besar dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. “Jadi saya mengucapkan terimakasih kepada PWI Provinsi Jambi yang telah memberikan penghargaan kepada saya sebagai Kepala Daerah yang Konsisten Memberdayakan Budaya Lokal,” kata Fachrori.

Pada kesempatan itu, Fachrori juga memohon pamit di mana masa jabataanya bakal berakhir pada tanggal 12 Februari 2021 mendatang. “Dalam menjalankan amanah tentulah banyak kekurangan dan mungkin ada kesalahan, termasuk ke rekan-rekan pers sekalian. Untuk itu saya mohon dimaafkan sekaligus mohon pamit,” kata Fachrori.

Usai acara di rumah Dinas Gubernur Jambi, dilanjutkan dengan Acara syukuran dalam di Sektetariat PWI Provinsi Jambi, Selasa siang. Acara syukuran ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua PWI Provinsi Jambi, HR Ridwan Agus Depati dan Ketua IKWI Jambi, Ny Hj Endang Rahma Heryanti.

Potongan tumpeng diberikan kepada mantan Ketua PWI Jambi dan sebagai Penasehat PWI H Mursyid Sonsang dan Muhtadi Putra Nusa sebagai Ketua Panitia HPN 2021 di Jambi. Sedangkan Ny. Endang memberikan potongan tumpengnya kepada penasehat IKWI Jambi, Ny Hj Nurlela Sagala.

Selanjutnya, rangkaian kegiatan HPN 2021 ini, PWI Provinsi Jambi juga akan melaksanakan bhakti sosial. Sekretaris PWI Jambi, Heri FR mengucapkan terima kasih kepada panitia HPN yang dikomandoi Muhtadi yang sukses mengantarkan acara HPN 2021 di Jambi. "Kita masih ada satu agenda lagi dalam rangka HPN tahun, yakni pemberian Sembako kepada para janda wartawan dan panti asuhan," katanya.

Ketua Panitia HPN 2021 di Jambi, Muhtadi Putra Nusa mengatakan sebenarnya banyak kegiatan yang sudah diagendakan untuk memeriahkan HPN 2021. Namun, karena saat ini masa pandemi covid-19, panitia harus menyesuaikan dengan  situasi dan kondisi. Beberapa agenda yang melibatkan massa terpaksa dibatalkan. ‘’ Mudah mudahan agenda yang tertunda dilaksanakan tahun ini, akan kita laksanakan pada HPN berikutnya,’’ kata Pempred Jambi TV yang juga Ketua SMSI Provinsi Jambi ini.

Presiden Janjikan 5.000 Vaksin untuk Insan Pers

Sementara itu, dalam sambutannya dalam HPN 2021, Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah menyiapkan 5.000 dosis vaksin Covid-19 untuk diberikan kepada awak media pada akhir Februari 2021 hingga awal Maret 2021. " Nanti keluar dari PT Bio Farma Persero (sebanyak) 12 juta dosis, kita berikan 5.000 untuk awak media," katanya.

Saat ini, menurut Jokowi, pemerintah sedang fokus untuk melakukan vaksinasi Covid-19 ke tenaga kesehatan. Kemudian, vaksinasi Covid-19 akan dilakukan ke para petugas pelayanan masyarakat.

Jokowi mengatakan dirinya memahami banyak tantangan yang dihadapi pekerja media selama pandemi Covid-19, dari tantangan risiko kesehatan hingga kesejahteraan. Pemerintah, kata dia, telah menyiapkan beberapa insentif untuk meringankan beban industri media, selama pandemi Covid-19. Di antara insentif itu adalah pembebasan Pajak Penghasilan 21 (PPh 21) bagi awak media, yang berlaku hingga Juni 2021.

Jokowi meminta Menteri Keuangan Sri Mulyani mengawal realisasi insentif fiskal bagi industri media ini. "Juga untuk industri media, dilakukan pengurangan PPh badan, kemudian pembebasan PPh impor dan juga percepatan restitusi dan insentif ini juga berlaku sampai Juni 2021. Insentif yang diberikan ke industri lain juga diberikan ke industri media, termasuk pembebasan abonemen listrik," ujarnya.

Sebagai kepala Negara, dia menyampaikan terima kasih kepada insan pers dalam menjaga harapan serta optimisme masyarakat di tengah masa sulit pandemi Covid-19.

"Membantu pemerintah dalam mengedukasi masyarakat, dan membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi yang benar dan tepat." ujarnya.(ist/wan)





BERITA BERIKUTNYA
loading...