Target Penerimaan Zakat Tahun Depan Rp10 Miliar

Senin, 22 Februari 2021 | 07:02:27 WIB

Ketua Baznas Kota Jambi, Syamsir Naim.
Ketua Baznas Kota Jambi, Syamsir Naim. (Ist/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI- Pemerintah Kota Jambi melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Jambi mengupayakan dana yang dikelola oleh Baznas yang dihimpun dari masyarakat Kota Jambi akan meningkat menjadi Rp10 miliar. Angka tersebut mengalami kenaikan sekitar Rp3 miliar. Sebab, tahun lalu realisasi dana zakat, infaq dan sekekah sebesar Rp7 miliar.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Baznas Kota Jambi, Syamsir Nain, Minggu (21/2). Ia mengatakan, bahwa Pemkot Kota Jambi menaruh harapan besar kepada Baznas Kota Jambi untuk tahun 2021 dapat mengumpulkan Wakaf, infaq, dan sedekah dari orang-orang yang mampu dengan target yang lebih besar lagi.

"Jika meningkat, tentu bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Jambi terutama warga kurang mampu," katanya.

Syamsir kembali mengimbau kepada warga Kota Jambi khususnya, agar menyalurkan sedekah, zakat dan lainnya melalui Baznas Kota Jambi. “Sebab melalui lembaga zakat Baznas Kota Jambi, dana yang terhimpun akan disalurkan kembali ke warga Kota Jambi. Bahkan ASN lingkungan Pemkot Jambi yang penghasilannya dan hisabnya cukup, kami wajibkan untuk berzakat di Baznas Kota Jambi,” jelasnya.

Kata dia, tahun ini pihaknya akan menyasar para pengusaha muslim di Kota Jambi agar bisa menyalurkan zakatnya melalui Baznas. "Kita fokus kepada pengusaha muslim di Kota Jambi. Tapi sebelum itu, kita perlu menyiapkan Peraturan Daerahnya dulu. Jadi kedepan memang kita targetnya bisa menyasar ke swasta, kalau sekarang masih fokus pada ASN," katanya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Jambi, Maulana mengatakan, Baznas Kota Jambi supaya banyak keluar, bersosialisasi, memberikan edukasi, kepada umat muslim khsusunya untuk menyalurkan zakat bagi yang cukup nisabnya.

Jika Baznas kuat, solid dan menjalankan perannya, kata Maulana, diyakini setiap tahunnya dana yang dihimpun makin besar. Ia mengatakan, selama ini dana yang dihimpun Baznas Kota Jambi yakni terkait kewajiban zakat ASN Pemkot Jambi, pegawai Kemenag Kota Jambi, pegawai swasta dan masyarakat Kota Jambi.

“Selain bantuan untuk pendidikan, dana Baznas juga disalurkan untuk bantuan kesehatan, bedah rumah,” katanya.

Memang kata Maulana, jika sektor swasta belum banyak yang menyalurkan kewajiban zakatnya kepada Baznas. Sebab, diluar juga ada banyak lembaga pengelola zakat.

"Tapi saya sarankan supaya lebih maksimal, bisa disalurkan melalui Baznas Kota Jambi. Sebab, langsung disalurkan untuk masyarakat Kota Jambi, bukan warga diluar Kota Jambi," katanya. (ali)





BERITA BERIKUTNYA
loading...