Dalam Setahun Pensiunan Guru Capai Ratusan Orang

Selasa, 23 Februari 2021 | 07:18:05 WIB

(Fitriyadi/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, MUARABUNGO-Permasalahan di dunia pendidikan yang belum terselesaikan hingga saat ini, salah satunya terkait dengan jumlah guru pensiun yang terus meningkat setiap tahunnya. Dari angka tersebut membuat pemerintah kabupaten Bungo terus melakukan pengajuan kepada pihak pemerintah pusat.

Pada tahun 2020  data dari Dinas BKSDM Bungo memperlihatkan adanya sebanyak 168 ASN pensiun dari berbagai jenis pekerjaan termasuk guru di nominasi paling banyak guru.

Kondisi tersebut mengakibatkan jumlah guru semakin berkurang karena tiap tahun ratusan guru memasuki usia pensiun. Bahkan, pada tahun 2020 terjadi “booming” pensiun untuk guru PNS.

Berdasarkan data dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Bungo kita masih kekurangan guru sebanyak 1.200 orang.

“Setiap tahun jumlah guru PNS yang pensiun mencapai ratusan. Mudah-mudahan tahun ini  ada rekrutmen CPNS guru bisa kita netralisir kekurangan guru di kabupaten Bungo dan untuk penerimaan CPNS tahun ini guru semua,” ujar Kepala BKSDM, Wahyu Sarjono, Senin (22/2/2021).

Sementara itu, Wahyu Sarjono, mengatakan saat ini setiap tahun guru banyak pensiun karena dari jumlah komposisi guru sudah 50 persen dari jumlah pegawai ASN di Kabupaten Bungo.

 "Dari Dinas Pendidikan kita masih kekurangan guru diambil  berdasarkan data jumlah rombongan belajar dan bidang studi saat ini untuk menetralisir kekurangan guru kita handel dengan tenaga kontrak,"tutup Wahyu (yad)





BERITA BERIKUTNYA
loading...