2.410 Vial Vaksin Tiba Lagi di Kota Jambi

Jumat, 26 Februari 2021 | 22:23:09 WIB

Kota Jambi kembali terima vaksin sebanyak 2.410 vial, Jumat (26/2).
Kota Jambi kembali terima vaksin sebanyak 2.410 vial, Jumat (26/2). (Ali Ahmadi/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI- Sebanyak 2.410 vial vaksin telah didistribusikan dari Pemerintah Provinsi Jambi, ke Kots Jambi, Jumat, (26/2). Rencananya vaksin itu akan diberikan kepada 24.100 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jambi, Ida Yuliati mengatakan, pihaknya sudah menerima 2.410 vial vaksin yang nantinya bisa menyasar 24.100 orang untuk disuntik.

"1 vial vaksin untuk dosis 10 orang," katanya, kemarin (26/2).

Ida menyebutkan, vaksin yang diterima pihaknya untuk penyuntikan petugas pelayanan publik tersebut merupakan tahap pertama. Nanti akan ada tahap selanjutnya untuk vaksin pelayan publik.

"Karena keterbatasan. Data sementara pelayan publik saat ini sekitar 25 ribuan. Tapi angka tersebut terus bergerak, karena masih terus dilakukan pendataan," katanya.

Untuk pelayan publik yang akan disuntik vaksin sebut Ida, yakni anggota DPRD, TNI, POLRI, Tokoh Agama, Kepala OPD dan para Kabag di Setda Kota Jambi.

"Nantinya para sopir, ojol, juga akan disuntik vaksin. Tapi tahap selanjutnya," imbuhnya.

Ida mengaku, penyuntikan akan mulai dilakukan Maret mendatang. Teknis penyuntikan akan dilakukan pada fasilitas kesehetan yang memang sudah dilatih sebelumnya, yakni di 17 rumah sakit dan 20 puskesmas di Kota Jambi.

Selain untuk pelayan publik, vaksin kali ini juga diperuntukan bagi lansia. Ada  19.292 lansia akan disuntik vaksin. Untuk lansia, dosis vaksin yang diberikan tetap sama dengan penerima vaksin usia produktif. Hanya saja ada perbedaan pada durasi antara dosis pertama dan dosis kedua.

"Untuk Lansia durasinya 28 hari. Dosis sama," katanya.

Sementara untuk vaksin terhadap tenaga kesehatan di Kota Jambi sebut Ida, kini sudah terealisasi 91 persen.

"Sudah mencapai hampir 100 persen untuk yang tidak komorbid," katanya. (ali)





BERITA BERIKUTNYA
loading...