Angka Pengangguran Nyaris Tembus 10 Juta Orang

94 Ribu Tenaga Kerja Terdampak Covid-19

Jumat, 05 Maret 2021 | 07:33:20 WIB

Anggota Komisi IX DPR RI Dapil Jambi Sutan Adil Hendra (SAH) .
Anggota Komisi IX DPR RI Dapil Jambi Sutan Adil Hendra (SAH) . (Ist/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI- Anggota Komisi IX DPR RI Dapil Jambi Sutan Adil Hendra (SAH) mengungkapkan ada 94 ribu tenaga kerja di Jambi yang terdampak covid-19. Saat ini mereka tengah menganggur karena kehilangan pekerjaan. Politisi Gerindra ini mengaku sudah meminta Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jambi untuk memikirkan nasib para tenaga kerja tersebut.

‘’ Saya sudah bicara dengan kadis tenaga Kerja Provinsi Jambi. Kita harus mencari jalan bagi 94 ribu tenaga kerja terdampak covid-19 tersebut. Mau dikemanakan mereka. Salah satunya adalah dengan membuka peluang kerja ke luar negeri,’’kata SAH saat menerima audiensi pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Jambi, Rabu (3/3) malam. 

Sementara itu, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, angka pengangguran di Indonesia sudah hampir mencapai 10 juta orang akibat badai wabah pandemi Covid-19 dan meningkatnya angkatan kerja. Ia pun meminta jajarannya untuk menggenjot investasi.

Menurut Jokowi, selain untuk mengejar angka pertumbuhan ekonomi di angka 5 persen, ia berharap investasi juga dapat membantu mengurangi angka pengangguran. Pasalnya, sudah tidak mungkin pemerintah menambah daya dari APBN.

“Kuncinya ada di investasi serta menciptakan peluang kerja yang sebanyak-banyaknya. Ini yang ditunggu-tunggu masyarakat, karena sudah ada sekarang ini hampir 10 juta pengangguran di negara kita,” ujarnya, Kamis (4/2).

Dari sisi perdagangan, kata Jokowi, kondisi perekonomian Indonesia memang masih patut disyukuri. Di tengah pandemi, neraca perdagangan di 2020 mengalami surplus USD 21,7 miliar. Meskipun demikian, angka tersebut terus mengalami kemunduran.

Dengan demikian, Jokowi meminta seluruh pemangku kepentingan untuk bekerja keras tahun ini untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi sebesar 5 persen. “Saya minta semuanya bekerja keras, dan saya minta kebijakan perdagangan memberikan kontribusi besar terhadap agenda strategis pemulihan perekonomian nasional kita,” imbuhnya.(ist/jpg)





BERITA BERIKUTNYA
loading...