8 Misteri dan Monster Samudra Pasifik, Ada yang Mirip Segitiga Bermuda!

Rabu, 17 Maret 2021 | 22:25:21 WIB

()

 

Jambione.com- Apa yang ada di kepala Anda saat mendengar Samudra Pasifik? Pasti sebagian besar berpikiran Samudra Pasifik sama seperti samudra-samudra lainnya. Namun ternyata, Samudra Pasifik memiliki daya tarik tersendiri, mulai dari keindahan biota laut, misteri, hingga monster-monster yang dipercaya hidup di kedalaman samudra tersebut! Kali ini kami akan membahas 8 misteri dan monster di Samudra Pasifik. Cek daftar pertamanya di bawah ini.

1. Naga Laut

Di daftar pertama ada sea serpent atau naga laut, salah satu monster laut yang paling terkenal dan melegenda hingga sekarang. Banyak legenda dan mitos dari seluruh penjuru dunia tentang naga laut ini. Dalam berbagai legenda dan mitos itu, naga laut digambarkan sangat panjang dan punggungnya seperti rangkaian pulau-pulau.

Hingga saat ini, naga laut masih menjadi misteri dan memiliki legenda yang berbeda di setiap samudra, termasuk Samudra Pasifik, dengan penampakan yang berbeda-beda juga. Seperti contohnya misteri naga laut yang hidup berabad-abad lamanya di sebuah lokasi, 100 kilometer sebelah selatan Tokyo, di antara pulau Iwo Jima dan Miyake. Tempat yang sering disebut sebagai Devil’s Sea.


2. Devil’s Sea

Devil’s Sea adalah salah satu misteri di Samudra Pasifik yang sangat menarik untuk dibahas lebih mendetail. Seperti yang telah kami jelaskan sekilas sebelumnya, Devil’s Sea atau Laut Setan ini berlokasi di antara pulau Iwo Jima dan Miyake. Wilayah ini juga sering disebut The Pacific Bermuda Triangle, Segitiga Naga, dan Ma no Umi.

Mirip seperti Segitiga Bermuda di Samudra Atlantik, banyak kasus kapal dan pesawat hilang di wilayah Devil’s Sea ini. Seperti contohnya di antara tahun 1950 dan 1954, ada 9 kapal besar yang hilang tanpa bekas saat melewati Devil’s Sea. Bahkan Segitiga Naga juga menelan korban penerbang wanita legendaris asal Amerika, yaitu Amelia Earhart. Menurut cerita rakyat, monster naga lautlah yang bertanggung jawab atas kasus-kasus tersebut.


3. Cadborosaurus Willsi

Selanjutnya ada Cadborosaurus Willsi atau sering dipanggil Caddy. Pada bulan Oktober 1937, Caddy ditemukan di Pelabuhan Naden, di dalam perut seekor paus sperma. Awalnya, penemuan itu diduga sebagai anak paus, tapi kesimpulan itu ditolak oleh berbagai pihak karena bentuknya yang tidak mirip seperti anak paus. Makhluk ini memiliki tubuh mirip ular, kepala seperti kuda, mata besar, punggung berpunuk, ekor seperti kipas, dan di bagian depan badannya terdapat sepasang sirip kecil.

Pihak yang menyangkal bahwa Caddy adalah anak paus kemudian menduga bahwa makhluk misterius itu termasuk sub-kelompok monster laut atau sejenis monster belut raksasa atau monster frill shark. Penemuan Caddy terus berlanjut dari tahun 1930-an hingga 1991. Dari berbagai penemuan itu, Caddy diduga memiliki panjang sekitar 7,5 meter hingga 31 meter, setara 3 bus sekolah!

4. Giant Squids

Di daftar keempat ada Giant Squids atau cumi-cumi raksasa. Monster cumi-cumi ini memiliki panjang rata-rata 10 meter hingga 20 meter. Wah, benar-benar monster ya! Giant Squids hidup di kedalaman 300 sampai 1000 meter di bawah permukaan laut. Giant Squids yang paling terkenal dan legendaris adalah Kraken, pernah mendengarnya?

Giant Squids sering dijumpai di wilayah Samudra Atlantik dan Pasifik. Di Samudra Pasifik, Giant Squids berada di sekitar Jepang, Selandia Baru, dan Australia. Nah, menurut Anda, Kraken itu benar-benar ada atau tidak? Bagikan pendapat Anda di komentar ya!


5. Atacama Snailfish Biru, Pink, dan Ungu

Pada daftar kelima ada atacama snailfish, spesies yang baru saja ditemukan beberapa tahun yang lalu. Meskipun bentuknya tidak besar seperti monster, tapi keunikan dan keindahannya membuatnya terlihat seperti hewan langka yang sangat aneh. Semua bagian tubuhnya hampir seluruhnya berwujud gel.

Pada penemuan terbaru atacama snailfish, disimpulkan terdapat 3 spesies baru yaitu Atacama Snailfish biru, pink, dan ungu. Meskipun ketiganya memiliki warna yang tidak terlalu terang, tapi terlihat berbeda dengan snailfish pada umumnya. Ketiga spesies itu memiliki warna yang berbeda karena adaptasi habitat laut dalam. Di area tersebut, banyak sekali predator ganas yang mengancam keselamatan mereka.


6. Baltic Sea Anomaly

Selanjutnya ada sebuah objek misterius yang ditemukan di Laut Baltik pada tahun 2011 yang populer disebut Baltic Sea Anomaly. Objek asing itu ditemukan oleh Peter Lindbergh, Dennis Aberg, dan tim penyelam Ocean X. Awalnya, tim tersebut memindai Laut Baltik dengan sonar dan menemukan suatu keanehan. Hingga akhirnya mereka menyelam dan menemukan objek tersebut.

Karena berbentuk tidak wajar dan aneh, teori-teori konspirasi mulai bermunculan. Ada yang berpendapat bahwa benda itu merupakan pesawat alien yang karam. Ada juga yang bilang kalau itu adalah teknologi militer dari peradaban masa lalu. Wah, menarik sekali ya!

7. Mysterious Julia Sound

Misteri ketujuh adalah suara misterius yang lebih dikenal dengan Mysterious Julia Sound. Suara aneh itu ditemukan oleh Administrasi Oseanik dan Atmosfer AS (NOAA). Suara itu terdengar cukup keras dan terdengar seperti seseorang yang merengek dan mengatakan ‘Julia’.

NOOA mengatakan bahwa kemungkinan suara itu ditangkap oleh hidrofon dari gunung es besar yang retak dan mengalir ke dasar laut. Sehingga suara gesekan retaknya terdengar seperti rengekan manusia atau monster. Namun itu masih dugaan, belum ditemukan bukti konkret untuk membuatnya menjadi fakta. Bagaimana menurut kalian?


8. Underwater Crop Circle

Misteri terakhir yang terjadi di Samudra Pasifik adalah ditemukannya underwater crop circle atau lingkaran tanaman, bukannya di sawah atau kebun, tapi di bawah laut Samudra Pasifik! Wah kok bisa?

Fotografer Jepang, Yoji Ookata, melakukan penyelaman di Samudra Pasifik dan menemukan penampakan yang tidak biasa. Sebuah lingkaran rapi berdiameter sekitar 2 Meter terbentang di pasir dasar laut, di kedalaman 24,3 Meter. Ookata kemudian memotretnya dan menamainya lingkaran misterius. Para penggemar konspirasi langsung mengaitkannya dengan kegiatan alien di dasar laut.

Namun akhirnya terungkap siapa ‘seniman’ pencipta underwater crop circle tersebut. Mereka adalah ikan buntal jantan untuk menarik perhatian betina. Semakin indah dan tinggi pola yang dibuat, semakin besar peluangnya merebut hati ikan buntal betina. Butuh waktu sekitar 7-9 hari bagi ikan buntal untuk membuat crop circle tersebut. Wah, mengagumkan!(*)

Sumber: Brainberries

 





BERITA BERIKUTNYA
loading...