Terapkan Prokes, Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Jambi 2021 Digelar Daring dan Luring

Sabtu, 27 Maret 2021 | 12:12:37 WIB

()

Jambione.com, JAMBI-Ada yang spesial dari Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Jambi 2021. Meski dampak dari adanya wabah virus corona atau Covid-19 belum kunjung membaik, Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Jambi 2021 berlangsung lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Ketua Pelaksana Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Jambi 2021, Lukman Tanjung mengatakan bahwa proses pemilihan ini dilaksanakan dalam beberapa tahapan secara daring dan luring.

“Kegiatan ini kami lakukan secara daring dan luring, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan,” jelasnya.

Lukman juga menyebutkan bahwa di tahun ini para pendaftar datang dari berbagai latar belakang dan sebagian besar berprofesi sebagai mahasiswa. Menariknya, tidak hanya datang dari jurusan Bahasa, tetapi juga ada yang berlatar belakang dari jurusan lain. Seperti Ekonomi, Ilmu Hukum, Sosial, dan bahkan Kesehatan.

Kemudian, seluruh dokumen pendaftaran yang telah masuk diseleksi kembali dan dikerucutkan menjadi 100 terbaik.

“Pada tahapan berikutnya, peserta akan menjalani proses penulisan esai sesuai tema yang ditentukan. Selain itu, peserta akan mengikuti Tes UKBI dari Kantor Bahasa,” lanjutnya.

Tahapan penulisan esai berlangsung selama dua hari dan dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pagi dan sesi siang. Peserta menunjukkan antusiasme selama penulisan esai dan sosialisasi UKBI berlangsung.

Selanjutnya, para peserta akan diseleksi menjadi 30 peserta terbaik berdasarkan akumulasi seluruh nilai tes yang telah dilalui.

“Setelah penulisan esai, nantinya akan diseleksi lagi menjadi 30 peserta, dan para peserta akan menjalani tahapan wawancara dan menampilkan bakat seni terbaik mereka,” tutupnya.(*)






BERITA BERIKUTNYA
loading...