Pemkab Tanjabtim Genjot PAD Uji Tera

Selasa, 06 April 2021 | 07:03:31 WIB

Kabid Perdagangan, Afrinaldi.
Kabid Perdagangan, Afrinaldi. (Ist/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, MUARASABAK - Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), berupaya melakukan penertiban timbangan di pasaran dan kalangan pedagang. Pada tahun 2021 ini, Pemerintah Daerah tengah mengupayakan untuk meningkatkan PAD uji tera, dengan mengumpulkan potensi tera di desa dan kelurahan.

Beberapa potensi uji tera yang berada di kelurahan dan desa, diantaranya mulai dari sektor timbangan pengumpul sawit, pinang dan kopi yang dikelola masyarakat. Selain itu juga, sektor perusahaan yang belum terdata.

"Tujuannya tidak lain untuk memberikan kenyamanan dan keadilan bagi penjual dan pembeli. Tidak ada lagi kecurangan dalam timbangan jual beli," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Tanjabtim, Hero melalui Kabid Perdagangan, Afrinaldi.

Demi keberhasilan untuk meningkatkan PAD uji tera, pihaknya telah berkoordinasi langsung dengan pihak kelurahan dan desa untuk mencari potensi tera. Dari hasil koordinasi tersebut, ditemukan beberapa objek yang berpotensi akan dilakukan tera pada tahun ini.

"Target yang dibebankan kepada kita tahun ini sebanyak Rp 50 juta, namun kita sadari untuk mencapai itu saat ini kita belum bisa, mungkin hanya 50 persennya saja," jelasnya.

Afrinaldi menerangkan, pencanangan tertib timbangan di Kabupaten Tanjabtim sejatinya sudah berlangsung sejak tahun 2019 lalu, tapi baru tahun 2020 lalu uji tera ini diberlakukan. Saat ini uji tera yang telah dilakukan hingga tahun 2020 lalu, Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang terkumpul sekitar Rp 12 Juta.

"Setelah setahun berjalan proses uji tera yang dilakukan di berbagai sektor, baik perdagangan, toko hingga industri, kami berhasil melakukan objek uji tera sebanyak 20 objek," tukasnya.(zal)





BERITA BERIKUTNYA
loading...