Bupati Bubarkan Aksi Pawai dan Coret Baju Siswa

Selasa, 06 April 2021 | 07:15:00 WIB

(Idrus/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, KERINCI -Meski di tengah pandemic Covid-19, puluhan siswa-siswi SMA sederajat di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh tetap nekat melakukan aksi corat-coret seragam dan konvoi di jalan raya. Aksi corat-coret seragam tersebut sebagai ungkapan kegembiraan setelah berakhirnya masa ujian Sekolah. Padahal pemerintah sudah melarang.

Pantauan di  lapangan, Senin (5/4), puluhan siswa berkumpul di depan Kantor Bupati Kerinci dengan memegang kaleng cat dan baju yang dipakai sudah dicoret. “Aksi coret-coret dilakukan mungkin karena sudah selesai melaksanakan ujian dan sudah ngerasa tamat Sekolah,” kata salah seorang pengendara yang melihat aksi siswa tersebut.

Usai aksi corat coret, beberapa diantara mereka berkonvoi menggunakan sepeda motor keliling di jalan raya. Aksi puluhan siswa tersebut membuat Bupati Kerinci Adirozal berang. Dia turun tangan langsung membubarkan aksi siswa tersebut.

Menurut Adirozal, secara pribadi terpaksa membubarkan anak-anak yang melakukan aksi coretan baju. Karena selain tidak ada azas manfaat, juga membahayakan keselamatan mereka karena ugal-ugalan dijalan. Kemudian kegiatan semacam ini juga mengganggu jalannya lalu lintas

"Kami berharap kepada pihak sekolah, guru, orang tua, dan seluruh lapisan masyarakat untuk memberi nasehat agar kegiatan tidak produktif seperti ini tidak terulang lagi," tegasnya.

Sementara itu di wilayah Kayu Aro, aksi konvoi sejumlah siswa yang mencoret baju berhasil dicegah anggota Polsek Kayu Aro, dengan menahan motor dan langsung dilakukan pembinaan. Kapolsek Kayu Aro, AKP H Dolizar mengatakan setiap tahun selalu diadakan razia. Tahun 2020 lalu banyak siswa yang diamankan dan dibina.

‘’Namun sekarang masih terulang lagi. Kami menghimbau kapada anak anak siswa dan siswi agar aksi coret- coretan setelah selesai pelaksanaan ujian tidak terulang lagi," katanya. Menurut dia, aksi ini tidak mencerminkan budaya bangsa. Apalagi saat ini masih pandemic covid-19.(sau/yuf)





BERITA BERIKUTNYA
loading...