Demaga Ambruk, Fasilitas Umum dan Rumah Rusak Diterjang Angin Kencang

Rabu, 07 April 2021 | 07:13:42 WIB

(Edison/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, KUALA TUNGKAL- Sejumlah bangunan fasilitas umum dan rumah warga di Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) rusak diterjang angin kencang pada Senin (5/4) malam.  Selain itu sejumlah pohon dan bangunan juga dilaporkan ambruk dalam musibah tersebut.

Informasi yang diperoleh menyebutkan, salah satu bangunan yang roboh adalah Dermaga Parit Api Api milik Dinas Perhubungan Tanjabbar di seberang kota Kuala Tungkal. Kemudian, enam rumah warga di Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Betara, dilaporkan rusak.

Untungnya tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun, kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah. "Ada rumah yang rusak karena tertimpa pohon. Dermaga untuk menambatkan kapal juga roboh," ujar warga.

Kapolsek Betara AKP S Harefa saat dikonfirmasi membenarkan adanya kejadia tersebut. "Kemarin kejadianya. Ada sejumlah rumah yang mengalami kerusakan," kata Harefa, Selasa (6/4).

Data yang diperoleh, rumah yang mengalami kerusakan diantaranya milik Syahrul (58) warga RT 13 Dusun Utara, Desa Tanjung Pasir, tertimpa pohon.

Kemudian rumah Ahmad Safii (67) warga RT 12 Dusun Utara, Desa Tanjung Pasir, atapnya tertimpa pohon. Rumah H Nasir (65) di RT 02 Dusun Barat, Desa Tanjung Pasir, atapnya dibawa angin. Lalu, rumah Hamrah (58) di RT 03 Dusun Barat, Desa Tanjung Pasir, atapnya tertimpa pohon, rumah Subli (61) di RT 02 Dusun Barat, Desa Tanjung Pasir, atapnya lepas dibawa angin, dan rumah Ismail Fahmi (69) di RT 02 Dusun Barat, Desa Tanjung Pasir, atapnya tertiup angin.

Kepala KSOP Kualatungkal Prayitno mengatakan pada Senin malam itu kecepatan 0,2 sampai 14 knot. Ini masuk dalam kategori cukup kencang. Biasanya berkisar antara 0,5 sampai 0,9 knot. ‘’ Jadi malam itu (Senin malam) kecepatan angin memang sangat kencang,’’ katanya.

Menurut Prayitno, saat ini kondisi angin utara memang sulit diprediksi. Bahkan dalam beberapa saat bisa mengalami perubahan yang sangat signifikan. ‘’ Makanya kita himbau masyarakat untuk selalu waspada pada kondisi cuaca saat ini,’’ pungkasnya. (son)





BERITA BERIKUTNYA
loading...