Vocation Training Program KOTAKU 2021 Ciptakan Keterampilam Masyarakat

Rabu, 07 April 2021 | 15:56:00 WIB

()

Jambione.com, JAMBI-Direktorat Jenderal Cipta Karya-Kementerian PUPR melaksanakan Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) atau National Slum Upgrading Project (NSUP) sebagai salah satu upaya untuk mencapai target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 dengan target penanganan kumuh seluas 10.000 Ha. Pendekatan kegiatan untuk penanganan kumuh dilakukan melalui kegiatan skala lingkungan dan skala kawasan.

Di samping kegiatan infrastruktur skala lingkungan dan skala kawasan, Program KOTAKU juga mengembangkan program peningkatan penghidupan masyarakat berkelanjutan (sustainable livelihood) yaitu peningkatan Penghidupan Masyarakat Berbasis Komunitas (PPMK) di skala lingkungan dan juga Business Development Center (BDC) di skala kawasan/kota. 

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jambi, Ir Azna Legawaty MM, mengatakan di tengah kondisi pandemi Covid-19, kegiatan Pelatihan Vokasi hadir untukmengurangi dampak ekonomi dan sosial pandemi Covid-19 serta untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi masyarakat dalam rangka mendukung pelaksanaan infrastruktur kegiatan skala lingkungan, skala kawasan dan padat karya bagimasyarakat yang terdampak.

"Kedua program tersebut ada akhirnya bertujuan untuk meningkatkan kualitas penghidupan masyarakat,"harapnya.

Ia menjelaskan sesuai surat Direktur Pengembangan Kawasan Permukiman Nomor KU.03.11-CK/11 Tanggal 18 Maret 2021 hal Petunjuk Pencairan dan Pemanfaatan Dana Peningkatan Kapasitas Masyarakat (PKM) dan PelatihanVokasi pada Pelaksanaan National Slum Upgrading Program (NSUP)– Program Kota TanpaKumuh (KOTAKU) tahun Anggaran 2021, sasaran Pelatihan Vokasi adalah masyarakat yang berprofesi sebagai tukang di lokasi Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM) Reguler Lama, Lokasi BPM Reguler Baru dan Lokasi BPM PPMK (livelihood) di kota dan kabupaten pada kegiatan KOTAKU Tahun Anggaran 2021.

"Seluruh peserta berjumlah 65 orang yang berasal dari Kota Jambi, Kabupaten Muaro Jambi, Kabupaten Tanjung JabungTimur, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kabupaten Bungo, Kabupaten Merangin, dan Kota Sungai Penuh. Pelatihan Vokasi dimaksudkan untuk mendukung kegiatan infrastruktur Program KOTAKU di lokasi tersebut,"jelasnya.

Disampaikan Ir Azna Legawaty MM, dengan terselenggaranya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya dalam pelaksanaan kegiatan pencegahan dan peningkatan kualitas permukiman kumuh serta diharapkan dapat membantu peningkatan keterampilan dan kompetensi peserta yang pada akhirnya dapat menaikkan pendapatan masyarakat di lokasi sasaran.

"Kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah bekerjasama terutama Jasa Konstruksi Bidang Bina Konstruksi dan Pengendalian Provinsi Jambi yang telah bekerjasama menyelenggarakan kegiatan ini," ungkapnya.(bin)





BERITA BERIKUTNYA
loading...