Persoalan Parkir di Angso Duo Jadi Sorotan

Selasa, 04 Mei 2021 | 07:15:10 WIB

Keberadaa pungutan parkir sampai dua kali di kawasan Pasar Angso Duo menjadi perhatian tersendiri Wali Kota Jambi, Sy Fasha dan akan segera diselesaikan.
Keberadaa pungutan parkir sampai dua kali di kawasan Pasar Angso Duo menjadi perhatian tersendiri Wali Kota Jambi, Sy Fasha dan akan segera diselesaikan. (Ali Ahmadi/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI-  Pengelolaan Pasar Angso Duo oleh PT Eraguna Bumi Nusa (EBN) menjadi sorotan banyak pihak. Pasar tersebut diketahui juga tak bekerjasama dengan Pemerintah Kota Jambi terkait pengelolaan parkir dan persampahan. Hal itu dibenarkan oleh Wali Kota Jambi, Syarif Fasha. 

Menurut Fasha, seluruh pasar-pasar yang dikelola oleh swasta yang belum bekerjasama dalam pengelolaan sampah, maka pihak pengelola bisa membawa sendiri sampahnya ke TPA. Selain itu juga bisa membuat depo-depo sampah di depan pasar yang nantinya diangkut oleh pemerintah. "Sampah yang diluar atau dipinggir jalan itu urusan pemerintah. Tapi yang di dalam lingkungan pasar itu urusan pengelola. Jadi bisa menyiapkan sendiri angkutannya dan membuang ke TPA milik pemerintah. Selama ini sudah berjalan dan tidak ada masalah," katanya.

Sementara saat disinggung masalah parkir, Fasha mengatakan seharusnya memang ada retribusi atau pajak yang dibayarkan. Namun pihaknya belum mengecek hal tersebut. "Saya mendengar juga banyak keluhan masalah parkir ini disana. Diluar diminta pas di dalam diminta lagi. Itu yang tidak boleh, dan harus cermat," jelasnya. 

Kepala Dinas Perhubungan Kota Jambi, Saleh Ridho mengatakan terkait dengan parkir di Pasar Angso Duo dikelola oleh PT EBN. "Jadi kita tidak ada kerjasama, kita hanya mengawasi saja. Kalau dari sisi pendapatan itu adalah pajak parkir," katanya.

Saleh mengatakan, jika ada keluhan maka pihaknya akan mengkoordinasikan hal tersebut kepada PT EBN. Sehingga apa yang menjadi keluhan masyarakat tersebut dapat terselesaikan. "Sejauh ini saya tidak tahu apakah PT EBN membayar pajak parkir atau tidak, karena itu menjadi kewenangan Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD)," katanya.

Sementara saat di singgung mengenai petugas parkir di dalam kawasan pasar yang menggunakan rompi milik pemerintah, Saleh mengatakan hal tersebut hanya oknum saja.

"Saya tegaskan lagi tidak ada kewenangan Dishub di dalam kawasan Pasar tersebut," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jambi, Ardi juga membenarkan bahwa Pasar Angso Duo tersebut tidak bekerjasama dengan pemerintah kota Jambi dalam hal penanganan sampah. Selama ini pihak pengelola membawa sendiri sampahnya ke TPA Talang Gulo. 

"Mereka memiliki armada sendiri dan petugas kebersihannya sendiri dan sampahnya langsung diangkut ke Talang Gulo," katanya. (ali)





BERITA BERIKUTNYA
loading...