6.000 Mustahik Terima Zakat

Selasa, 04 Mei 2021 | 07:16:28 WIB

Kepala Baznas Kota Jambi, Syamsir Naim .
Kepala Baznas Kota Jambi, Syamsir Naim . (Ist/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI – Ribuan mustahik atau orang yang berhak menerima zakat dari OPD di lingkungan Pemkot Jambi, sekolah madrasah, kelurahan, dan Pekerja Harian Lepas (PHL) se Kota Jambi, Senin (3/5) kemarin, menerima bantuan dari Baznas Kota Jambi.

Bantuan ini secara simbolis diserahkan Wali Kota Jambi, Syarif Fasha, di Mako Damkar Kota Jambi. Kata Fasha, tiap tahun pada Baznas Kota Jambi dapat terkumpul zakat, sedekah maupun infak lebih kurang Rp 8 miliar.

“Zakat-zakat ini berasal dari ASN Pemkot Jambi, Kemenag Kota Jambi maupun masyarakat. Ini diberikan ke delapan asnaf yang memang membutuhkan bantuan. Meski tidak terlalu banyak, kita harapkan ini bermanfaat bagi mereka jelang hari raya idul fitri,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Baznas Kota Jambi, Syamsir Naim merincikan, setidaknya ada 4.280 mustahik dari OPD lingkungan Pemkot Jambi. Masing-masing menerima, Rp 300 ribu, dengan total keseluruhan Rp 1.248.000.000. Kemudian mustahik sekolah madrasah sebanyak 660 orang, masing-masing menerima Rp 300 ribu, dengan total keseluruhan mencapai Rp 198.000.000.

“Kemudian ada 900 mustahik dari kelurahan, masing-masing mendapatkan Rp 300 ribu, totalnya Rp 270.000.000. Lalu 1.160 orang mustahik PHL se Kota Jambi masing-masing Rp 300 ribu dengan total Rp 348.000.000,” beber Syamsir Naim.

Total ada Rp2,1 miliar yang disalurkan Baznas Kota Jambi. Lanjutnya, Baznas hadir sebagai wadah atau lembaga yang melakukan pengelolaan zakat yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada pemerintah. Dalam hal ini, Baznas Kota Jambi menjadi wadah zakat bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkot Jambi.

Bantuan-bantuan yang diberikan merupakan donasi yang terhimpun dari para donatur yang selama ini terus bersama berbuat kebaikan. Sementara pada ramadan ini, Syamsir Naim menyebutkan pihaknya juga akan menyalurkan bantuan kepada para Mustahiq di Kota Jambi.

“Untuk tahun ini meningkat, dari sebelumnya 5.000 sasaran menjadi 6.000 lebih sasaran. Mereka adalah orang-orang yang berhak menerima bantuan, dan disesuaikan dengan kriteria sperti orang fakir dan miskin,” jelasnya.

Tak hanya itu, sasaran lainnya yang akan menerima bantuan seperti di antaranya para tenaga honorer di Pemkot Jambi, cleaning servis dan lainnya. “Kita berikan bantuan mulai dari Rp 350-500 ribu per orangnya. Ini untuk membantu mereka selama bulan ramadan ini,” jelasnya.

Meski bantuan yang diberikan tidak seberapa, Syamsir Naim berharap bantuan tersebut dapat bermanfaat. “Memang bantuan ini tidak seberapa, tapi tentu semoga bermanfaat,” tutupnya. (ali)





BERITA BERIKUTNYA
loading...