Pemkot Siapkan Stok Daging Beku 20 Ton

Antisipasi Lonjakan Harga Daging

Rabu, 05 Mei 2021 | 08:44:43 WIB

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Jambi, Komari.
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Jambi, Komari. (Ist/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI- Menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, Pemerintah Kota Jambi melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan menyiapkan pasokan daging beku sebanyak 20 ton.

Disiapkannya daging beku tersebut, untuk mengantisipasi meningkatnya kebutuhan dan terjadinya lonjakan harga daging menghadapi Idul Fitri 2021 mendatang.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Jambi, Komari mengatakan bahwa dalam momen tersebut, diprediksi akan mengalami peningkatan konsumsi di tengah masyarakat. 

"Hingga saat ini, stok daging beku ada 20 ton dan kalau diperlukan siap ditambah pasokannya," kata Komari.

Ia mengatakan untuk harga daging dipasaran kisaran Rp120 ribu per Kilogram. "Kalau daging beku untuk sapi itu Rp85 ribu per Kilogram, sementara untuk kerbau Rp78 ribu per Kilogram," katanya.

Komari memprediksi kenaikan harga biasanya terjadi pada H-7 atau H-5 Idul Fitri. Untuk itu ia menyarankan agar masyarakat bisa beralih ke daging beku, jika terjadi lonjakan harga. "Daging beku halal, dan juga steril," katanya.

Dirinya berharap, dengan adanya stok daging beku dari Bulog ini dapat menjaga stabilitas harga di pasaran. Daging beku ini merupakan alternatif masyarakat, jika tidak dapat membeli daging segar dan pastinya daging beku harganya jauh lebih murah.

"Selain daging sapi/kerbau, daging ayam juga kami jaga stabilitasnya. Kini masih diharga Rp31 ribu per Kilogramnya," katanya.

Sementara untuk komoditas lain seperti cabai, bawang dan lainnya, kini kondisinya juga masih normal. "Cabai memang fluktuatif, tergantung stok dari produsen. Tapi sekarang kondisinya masih aman," pungkasnya. (ali)





BERITA BERIKUTNYA
loading...