Bantuan Jepang untuk Kota Jambi

Masih Pematangan Dokumen Tender

Senin, 24 Mei 2021 | 09:29:31 WIB

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Kota Jambi, Yunius .
Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Kota Jambi, Yunius . (Ist/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI- Pemerintah Kota Jambi  akan kembali menerima bantuan luar negeri  untuk mengentaskan masalah banjir yang kerap melanda Kota Jambi. Kali ini bantuan datang dari Jepang, yang rencana akan membantu dalam merevitalisasi 8 anak sungai yang ada di kota Jambi.

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Kota Jambi, Yunius beberapa waktu lalu mengatakan bahwa rencananya Jepang akan membantu sebesar Rp175 miliar untuk menyelesaikan permasalahan beberapa  anak sungai yang ada di kota Jambi. Namun sebelum hal itu direalisasikan, pihaknya meminta supaya pemerintah kota Jambi memfasilitasi agar tidak ada gangguan atau menjamin keamanan selama proses pembangunannya nanti.

"Melalui pemerintah pusat dan kemungkinan akan dikerjakan Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) VI. Mudah-mudahan ini akan melancarkan aliran air di Kota Jambi mulai dari pangkal sampai hilir," jelasnya.

Yunius mengatakan berdasarkan koordinasi pihaknya saat ini masih dalam pematangan dokumen lelang dan mematangkan Detail Egineering Design (DED). Kemungkinan akhir tahun nanti baru bisa dilakukan proses tender. 

"Insya Allah 2022 mulai dilerjakan," katanya.

Ia mengatakan bantuan itu juga direncanakan bisa membuat pintu-pintu air di kawasan Danau Sipin. Sebab, pemerintah menghendaki adanya elevasi yang stabil. Sehingga saat musim kemarau pun kondisi air di Danau Sipin tetap terjaga. 

"Pintu-pintu itu sebagai penahan air. Saat ini masih dalam tahapan pematangan perencanaan. Pendanaan sepenuhnya merupakan bantuan dari pemerintahan Jepang," ujarnya.

Kata dia, proyek tersebut disalurkan ke Kota Jambi melalui pemerintah pusat yang masuk melalui BWSS VI.

"Kita nantinya hanya sebagai penerima manfaat," ujarnya. (ali)






BERITA BERIKUTNYA
loading...