Tercatat 34 Kasus DBD, 1 Orang Meninggal

Senin, 31 Mei 2021 | 08:38:12 WIB

(Ist/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI-Cuaca di Jambi saat ini tak menentu. Terkadang turun hujan dan juga terjadi panas terik. Kondisi ini masyarakat perlu mewasapadai serangan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Di Kota Jambi saat ini berdasarkan data Dinas Kesehatan sudah ada 34 kasus DBD. Bahkan 1 diantaranya meninggal dunia. Kasus tersebut tercatat dari Januari hingga Mei ini.

Junaidi Koordinator program DBD, Dinas Kesehatan Kota Jambi mengatakan, dibanding tahun sebelumnya, terjadi penurunan kunjungan penderita DBD ke fasilitas kesehatan di Kota Jambi.

“2020 lalu ada 224 kasus, meninggal 8. 2021 sampai saat ini sementara masih 34 kasus, meninggal 1,” kata Junaidi.

Jika dibandingkan tahun 2020, angkanya pada 2021 ini terjadi penurunan yang signifikan. Junadi mengaku tidak mengetahui pasti penyebab penurunan tersebut. Apakah disebabkan kurangnya kunjungan penderita ke fasilitas kesehatan atau memang kasusnya yang turun.

“Mungkin salah satu faktornya kondisi pandemi ini, penderita enggan berobat ke rumah sakit atau ke puskesmas. Bisa jadi juga penyebabnya faktor alam, atau juga mungkin aktifitas masyarakat sudah lebih baik dalam penanggulangan DBD,” tuturnya.

Dari data yang dihimpun pihaknya, Junadi menyebutkan penderita DBD di Kota Jambi rata-rata terjadi pada anak-anak.

“Usia penderita DBD rata-rata usia anak. Karena anak belum mengerti betul serangan DBD ini,” katanya.

Sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan Kota Jambi, Ida Yuliati mengatakan, dengan cuaca tak menentu saat ini, terkadang terjadi hujan sehingga lebih memungkinkan nyamuk berkembang biak.

Ida menyebutkan, Ia meminta semua pihak dapat menjaga kebersihan lingkungan masing-masing dengan menutup bak penampung air, membuang sampah pada tempatnya, dan beberapa hal lainnya dalam upaya menghindari DBD.

“Sangat penting memang kita harus menjaga kebersihan,” katanya. (ali)






BERITA BERIKUTNYA
loading...