Kado Terindah Perayaan 75 Tahun Pemkot Jambi dan 620 Tahun Kota Jambi

Kota Jambi Raih Opini WTP Lima Kali Berturut -Turut

Senin, 31 Mei 2021 | 08:42:06 WIB

(Ali Ahmadi/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI- Kota Jambi kembali mendapatkan berkah dari bulan suci Syawal 1442 Hijriah. Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi kembali meraih kebahagiaan dengan diraihnya pengakuan dan apresiasi dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia, terhadapa akuntabilitas kinerja keuangan Pemerintah Kota Jambi.

Atas capaian tersebut, Kota Jambi kembali meraih penilaian tertinggi predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Jambi tahun 2020. Ini merupakan kelima kalinya secara berturut-turut Kota Jambi sukses mempertahankan opini tertinggi dari auditor independen pemerintah tersebut.  

Penyerahan opini WTP bagi Kota Jambi itu dilakukan dalam sebuah acara yang digelar secara virtual melalui video conference (vidcon) pada Kamis siang (27/5). Opini WTP tersebut disampaikan langsung secara virtual oleh Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Jambi, Rio Tirta S.E., M.Acc , CSFA kepada Wali Kota Jambi Dr. H. Syarif Fasha, ME, dengan menunjukkan dokumen LHP melalui share screen zoom. Sebelumnya dilakukan penandatanganan Berita Acara Serah Terima (BAST) LHP oleh masing-masing pihak. 

Turut mendampingi Wali Kota Fasha, Ketua DPRD Kota Jambi, Putra Absor Hasibuan, SE, Sekda Kota Jambi Ir. H. Budidaya, M.For.Sc, dan Plt. Inspektur Kota Jambi Drs. H. M. Ridwan, M.Si. dan Plt. Kepala BPKAD Kota Jambi M. Husni, SE

Dimulai sejak tahun 2017 lalu, Pemkot Jambi sukses mempertahankan 5 kali berturut-turut supremasi tertinggi dalam penilaian akuntabilitas kinerja keuangan pemerintah dengan meraih opini WTP dari BPK atas Laporan Hasil Pemeriksaan LKPD Pemerintah Kota Jambi. 

"Tentunya ini sangat membanggakan bagi kita semua. Baik jajaran Pemkot Jambi maupun masyarakat Kota Jambi, terlebih kita saat ini merayakan hari jadi Pemerintahan dan hari jadi Kota Jambi. Ini adalah kado terindah bagi masyarakat dan Kota Jambi sendiri," kata Wali Kota Fasha.

Pemeriksaan BPK RI dilaksanakan dengan mengacu pada akuntabilitas kinerja keuangan yang disajikan pada Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD). Pemeriksaan atas Laporan Keuangan dilakukan dengan tujuan untuk memberikan opini (pernyataan pendapat) atas kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan dengan mendasarkan pada kesesuaian dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan efektifitas Sistem Pengendalian Intern (SPI).

Oleh karena itu, dalam melakukan pemeriksaan laporan keuangan Pemkot Jambi, selain memberikan opini atas laporan keuangan, BPK juga melaporkan hasil penilaian terhadap SPI dan hasil pemeriksaan atas kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang dilaksanakan oleh jajaran Pemerintahan Kota Jambi. "Berdasarkan pemeriksaan yang telah dilakukan secara cermat ini, BPK memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas LKPD TA 2020 kepada Pemerintah Kota Jambi," kata Kepala Perwakilan BPK RI Jambi, dalam sambutan virtualnya.

Selain menyampaikan raihan opini untuk Kota Jambi, Kepala BPK Perwakilan Jambi itu juga memberikan catatan-catatan penting untuk dipedomani dalam penyajian laporan keuangan pemerintah dengan standar Akuntansi Pemerintahan (SAKIP), efektifitas sistem pengendalian intern, dan kepatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan.

Kepala BPK RI Perwakilan Jambi berharap agar hasil pemeriksaan yang telah disampaikan dapat memberikan dorongan dan motivasi untuk terus memperbaiki pertanggungjawaban pelaksanaan APBD dan secara bersama-sama selalu berusaha dan berkomitmen untuk mendukung penyelenggaraan pengelolaan keuangan negara yang transparan dan akuntabel.

Sementara itu, Wali Kota Jambi Dr. H. Syarif Fasha, ME, menyampaikan apresiasinya terhadap kinerja seluruh pihak yang telah berupaya keras mempertahankan ritme kinerja keuangan dan akuntabilitas keuangan Pemkot Jambi, sehingga dapat mempertahankan predikat WTP setiap tahunnya.

"Ini adalah WTP yang kelima kalinya untuk Kota Jambi. Atas hal yang di sampaikan oleh kepala BPK RI, ada beberapa hal rekomendasi yang sudah kami lakukan dalam action plan kami. Tetapi ada juga yang perlu waktu lagi untuk kami menindaklanjuti action plan tersebut. Semoga rekomendasi itu akan cepat kami tindak lanjuti dan juga dengan WTP yang kelima kali ini menjadi pendorong, support bagi kami untuk menjadi lebih baik lagi, dalam urusan penyelenggaraan pemerintahan Kota Jambi kedepan nantinya,"katanya.

Fasha juga mengungkapkan, raihan opini WTP tersebut merupakan hasil kerja keras seluruh jajaran Pemkot Jambi. Selain itu juga atas dukungan dari berbagai pihak yang telah membantu Kota Jambi selama ini dan juga doa serta dukungan dari masyarakat selama ini untuk kemajuan Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi.

Lima kali berturut-turut meraih Opini WTP, merupakan buah dari determinasi dan kesungguhan jajaran Pemkot Jambi dibawah kepemimpinan Wali Kota Syarif Fasha. Sebelumnya Kota Jambi tidak pernah sekalipun meraih opini WTP. Bahkan pada tahun 2016 Kota Jambi mendapat penilaian terburuk, yakni opini disclaimer. Setelah opini tersebut, Fasha merestrukturisasi dan membenahi secara total tata kelola keuangan Pemkot Jambi pada saat itu.  

"Tahun 2017 seolah menjadi tahun awal kebangkitan Kota Jambi dalam hal tata kelola keuangan pemerintah daerah. Karena selama ini Kota Jambi belum pernah sekalipun mendapat penilaian yang baik dari BPK RI, bahkan puncaknya pada tahun 2016 kita mendapat disclaimer. Kami berterima kasih mendapat opini disclaimer, karena setelah itu kami bangkit kembali, membenahi berbagai hal, berjuang untuk dapatkan WTP. Hasilnya 2017 kita dapat WTP hingga saat ini. Semoga terus dapat dipertahankan," pungkas Fasha.

Selain opini WTP, kesuksesan Pemerintahan Kota Jambi dalam bidang akuntabilitas tata kelola keuangan juga mendapat apresiasi dan penghargaan dari pemerintah pusat. Selama empat tahun berturut-turut sejak tahun 2017, Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati turut memberikan apresiasi khusus berupa penghargaan dan penyaluran dana insentif daerah (DID) bagi pemerintah daerah yang berhasil meraih opini WTP.  

Selain itu, apresiasi atas pelaksanaan akuntabilitas keuangan dan ektifitas sistem pengendalian intern, serta kepatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan yang dilakukan jajaran Pemerintah Kota Jambi, turut pula mendapat apresiasi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI dan Kementerian Dalam Negeri. Pada momentum peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (HAKORDIA) Tahun 2019 lalu, Kota Jambi dinyatakan sebagai Pemerintah Daerah kategori Kota dengan Predikat Terbaik Capaian Aksi Koordinasi dan Supervisi Pencegahan Korupsi Secara Nasional Tahun 2019.

Tidak hanya itu, pada tahun 2020, Pemerintah Kota Jambi juga sukses meraih penghargaan Pencapaian Maturitas Penyelenggaraan SPIP (Sistem Pengendalian Internal Pemerintah) Level 3 dari BPKP RI (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Republik Indonesia) dan Inspektorat Kota Jambi juga telah meraih prestasi serupa, yaitu Pencapaian Maturitas Penyelenggaraan SPIP (Sistem Pengendalian Internal Pemerintah) Level 3 dari BPKP RI untuk Aparatur Pengawasan Internal Pemerintah (APIP), Inspektorat Kota Jambi.(ali)






BERITA BERIKUTNYA
loading...