Kartu Kendali Gas Masih Tahap Verifikasi

Selasa, 08 Juni 2021 | 07:19:05 WIB

Kabid Perdagangan, Afrinaldi.
Kabid Perdagangan, Afrinaldi. (Ist/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, MUARASABAK - Guna mengatasi pendistribusian gas LPG 3 kilo gram  yang tidak tepat sasaran, serta mengantisipasi terjadinya kelangkaan. Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) berencana meluncurkan kartu kendali.

Proses pendataan penerima gas bersubsidi dengan sasaran warga yang kurang mampu tersebut sudah masuk dalam tahap verifikasi data. Ada Tiga kecamatan yang menjadi pilot projek Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Tanjabtim pada tahun 2021 ini, yakni Kecamatan Berbak, Sadu dan Muara Sabak Barat.

Tiga kecamatan tersebut telah mengirimkan data ke Disperindag untuk dilakukan verifikasi. Namun saat ini yang telah selesai di verifikasi adalah Kecamatan Berbak, dan Disperindag telah mengirimkan kembali ke Kecamatan Berbak data yang telah diverifikasi.

"Kita tinggal menunggu jawaban dari pihak Kecamatan Berbak, apakah data yang telah kami verifikasi benar atau salah, dan apakah masih ada nama warga penerima gas bersubsidi yang belum masuk," kata Kepala Disperindag Kabupaten Tanjabtim, Hero melalui Kabid Perdagangan, Afrinaldi.

Kemudian, yang saat ini masih proses verifikasi data yakni Kecamatan Sadu dan Muara Sabak Barat. Namun untuk Kecamatan Sadu, masih ada Satu desa yang belum sama sekali mengirimkan data penerima gas bersubsidi ke Disperindag Kabupaten Tanjabtim.

"Data yang belum masuk dari Sadu itu tinggal Desa Sungai Benuh. Jadi untuk Sadu kita masih menunggu Satu desa lagi baru kita kirim kembali data tersebut," sebutnya.

"Ada beberapa kriteria dalam melakukan pendataan untuk kakendali gas tersebut, seperti jumlah masyarakat miskin, jumlah UKM dan IKM per kecamatan," ungkapnya.

Berjalannya proses verifikasi data, pihaknya saat ini juga tengah membuat nota dinas ke Kepala Daerah untuk meminta persetujuan. Karena untuk peluncuran kartu kendali ini panjang prosesnya sampai dengan MoU dengan Pertamina.

"DPRD Kabupaten Tanjabtim juga akan kita layangkan surat, agar pra anggota DPRD juga mengetahui terkait program tersebut," terangnya

Dukungan pihak kecamatan, khususnya Tiga kecamatan yang menjadi pilot projek tersebut sangat dibutuhkan. Namun pihaknya memahami terkait kendala yang dihadapi oleh pihak kecamatan maupun desa di lapangan.

"Suksesnya rencana program ini tidak terlepas dukungan dari pihak kecamatan. Semoga pelaksanaan peluncuran perdana kartu kendali pada tahun ini berjalan dengan lancar," harapnya.(zal)






BERITA BERIKUTNYA
loading...