Pemkab Merangin Awasi Keberadaan Orang Asing

Kamis, 10 Juni 2021 | 19:39:08 WIB

Rakor Tim pengawasan orang asing, di Ruang Pola Kantor Kesbangpol Merangin, Kamis (10/6).
Rakor Tim pengawasan orang asing, di Ruang Pola Kantor Kesbangpol Merangin, Kamis (10/6). ()

 

Jambione.com, MERANGIN- Pemkab Merangin terus mengaewasi keberadaan Warga Negara Asing (WNA) di Kabupaten Merangin. Semua aktivitas dan gerak geriknya dapat cepat diketahui, guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak dinginkan.

Penegasan ini disampaikan Bupati Merangin H Al Haris, melalui Asisten I Setda Merangin H Abd Gani ketika membuka rapat koordinasi (Rakor) Tim pengawasan orang asing, di Ruang Pola Kantor Kesbangpol Merangin, Kamis (10/6). ‘’Pengawasan terhadap aktivitas orang asing ini terus dilakukan, meskipun dalam  pandemi Covid-19. Kita terus bersinergi dalam pengawasan orang asing pada masa tatanan kehidupan baru ini,’’kata Abd Gani.

   Kepala Devisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jambi, Ny Morina Harahap mengatakan sinergi dengan instansi terkait dan terus melakukan pengawasan ke perusahaan-perusahaan yang mempekerjakan orang asing itu, sangat penting dilakukan. ‘’Kita tidak ini gara-gara pandemi Covid-19 pengawasan terhadap orang asing jadi terlalaikan. Sekarang ini di Provinsi Jambi terdapat sebanyak 368 orang asing dengan berbagai aktivitas,’’kata Morina.

  Sedangkan jumlah tenaga asing yang berada di Provinsi Jambi sebanyak 202 orang. Kepala Devisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jambi tidak mencemaskan keberadaan orang asing itu, karena terus dipantau dan diawasi.

  ‘’Kita punya Kantor Imigrasi di Jambi, di Kualatungkal, Tanjungjabung Barat dan di Kabupaten Kerinci. Seluruh instansi punya kewenangan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),’’terang Morina.

Menyinggung kecemasan terhadap keberadaan orang asing tersebut, Morina menegaskan bahwa di Provinsi Jambi  sangat aman. Tidak perlu dicemaskan terhadap hal-hal yang tidak diinginkan.

Rakor tersebut dihadiri Forkopimda Merangin, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan diikuti para Camat, kepala Kantor Urusan Agama (KUA), Kapolsek dan Koramil se-Kabupaten Merangin.(adv/lil)

 






BERITA BERIKUTNYA
loading...