Hingga Juni, Disdukcapil Batanghari Sudah Terbitkan 372 Akta Kematian

Kamis, 10 Juni 2021 | 19:56:04 WIB

()

 

 Jambione.com, MUARABULIAN- Pembuatan akta kematian di Kabupaten Batanghari mengalami peningkatan. Sejak Januari hingga Juni 2021, Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Batanghari telah terbitkan 372 dokumen akta kematian. Pembuatan akta kematian tersebut tidak dipungut biaya sama sekali.

   PLT Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil Disdukcapil Kabupaten Batanghari Sari Novri Andha mengatakan, pembuatan akta kematian sangat penting dilakukan para ahli waris untuk keluarganya yang meninggal dunia. Selain untuk mengurus warisan, akta kematian juga berguna untuk para pensiun hingga klaim asuransi.

  "Saat ini pihak Disdukcapil Batanghari telah menerbitkan 372 dokumen akta kematian terhitung sejak Januari hingga 9 Juni 2021 kemarin. Sementara pada tahun 2020 lalu, kami menerbitkan 1,137 dokumen akta kematian,"katanya.

  Sari menjelaskan, syarat pembuatan akta kematian diantaranya, ahli waris harus melampirkan KTP asli yang bersangkutan, Kartu Keluarga asli, membuat surat keterangan kematian dari rumah sakit, mengisi formulir A5 dari ©esa bersangkutan, serta mengisi formulir yang disediakan Disdukcapil.

  ''Agar masyarakat paham akan pentingnya akta kematian ini, pihak Disdukcapil melakukan sistem jemput bola ke Desa-desa maupun Kelurahan setiap tahunnya. Selain itu kita juga bekerja sama dengan pihak BPJS untuk mensosialisasikan hal tersebut,"katanya.

    ''Kami menghimbau kepada masyarakat yang keluarganya yang telah meninggal dunia untuk segera membuat akta kematian. Karena berguna untuk membersihkan data kependudukan,"pungkasnya.(bam)






BERITA BERIKUTNYA
loading...