Polisi Tangkap Koordinator Pungli di Tanjung Priok

Sabtu, 12 Juni 2021 | 13:58:58 WIB

()

JAMBIONE.COM – Polres Pelabuhan Tanjung Priok kembali meringkus satu orang oknum yang kerap melakukan pungutan liar (pungli) di area bongkar muat pelabuhan. Penangkapan dilakukan kepada Zainul Arifin, 39.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Putu Kholis mengatakan, Zainul diduga sebagai koordinator pungli dari PT MTI. Dia diduga yang menggerekan 7 karyawan bongkar muat barang.

“Atasan yang tujuh orang kemarin ditangkap,” kata Putu saat dikonfirmasi, Sabtu (12/6).

Zainul diketahui berstatus sebagai karyawan outsourcing dari PT MTI. Zainul diduga mengetahui betul tingkah para anak buahnya melakukan pungli kepada para supir.

“Yang bersangkutan mengetahui aktivitas para operator di bawah pengawasannya yang melakukan pungli dengan modus meletakkan kantong plastik atau botol air mineral,” jelas Putu.

Atas perbuatannya, Ahmad Zainul dijerat dengan Pasal 368 Jo 55 KUHP.

Sebelumnya, jumlah preman punglinyang beroperasi di wilayah Tanjung Priok, Jakarta Utara yang ditangkap polisi kembali bertambah. Jika sebelumnya hanya diamankan 24 orang, kini sudah mencapai 49 orang.

“Yang kami amankan sekarang ada 49 orang. Dengan perannya masing-masing, dengan kelompok masing-masing, di pos-pos masing-masing,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus di Polres Metro Jakarta Utara, Jumat (11/6).

Yusri menjelaskan, dari 49 orang ini, 42 ornag di antaranya diamankan oleh Polres Metro Jakarta Utara di PT DKM dan PT GFC. Kemudian ditangkap Polsek Cilincing 6 orang, Polsek Tanjung Priok 8 orang dan Polres Pelabuhan Tanjung Priok 7 orang.

Kasus ini terbongkar setelah Presiden Jokowi mendengar langsung keluhan dari para supir di Tanjung Priok. Mereka mengeluh banyak aksi premanisme dan pungli di wilayah tersebut.

Jokowi bereaksi dengan menelepon langsung Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. Dia meminta kasus ini segera diselesaikan. Dengan begitu, aksi premanisme dan pungli tidak lagi meresahkan para warga khususnya sopir.(*)

Sumber: JawaPos.com





BERITA BERIKUTNYA
loading...