Serahkan Susunan Pengurus dan Mendesak Segera di SK kan

Kubu Budi Datangi DPD I Golkar

Selasa, 06 Juli 2021 | 10:35:29 WIB

Sekretaris DPD I Golkar Provinsi Jambi, A Rahman .
Sekretaris DPD I Golkar Provinsi Jambi, A Rahman . (Ist/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI- DPD II Golkar Kota Jambi kubu Budi Setiawan mendatangi sekretariat DPD I Golkar Provinsi Jambi, Senin (5/7) kemarin. Kedatangan mereka untuk menyerahkan putusan Mahkamah Partai yang diterima pada 28 Juni lalu.

Budi tidak hadir langsung, ia diwakili beberapa orang pengurus. Diantaranya Bambang Gunawan, Hendri Hutabarat dan Rubi Salam. Mereka disambut oleh Sekretaris DPD I Golkar Provinsi Jambi, A Rahman.

Bambang Gunawan mengatakan mereka hadir tidak hanya menyerahkan putusan Mahkamah Partai, tetapi juga menyampaikan susunan kepengurusan baru Golkar Kota Jambi. "Tadi kita juga menyerahkan susunan pengurus untuk segera mendapatkan SK," katanya.

Menurut Bambang, sesuai aturan, pengajuan pihaknya harus ditindaklanjuti selama tujuh hari setelah diajukan. "Nanti kita lihat lagi proses kedepannya," sebutnya.

Lantas bagaimana komunikasi dengan Ketua DPD I Golkar Provinsi Jambi, Cek Endra? Bambang mengaku sudah melakukan komunikasi. Hanya saja Cek Endra lagi berada di Jakarta.

"Kita sudah komunikasi, tapi beliau sedang di Jakarta. Makanya kita serahkan langsung ke DPD I," katanya.

Sekretaris DPD I Golkar Provinsi Jambi, A Rahman mengatakan pihaknya akan mempelajari usulan yang diberikan kubu Budi Setiawan. Kemudian melakukan konsultasi ke DPP Golkar terkait usulan tersebut. "Kita akan pelajari, kemudian kita konsultasikan ke DPP," katanya.

Politisi yang biasa dipanggil Cemen ini menghimbau agar semua pihak dari kubu Budi Setiawan untuk bersabar. Kemudian mejaga kondusifitas dan tidak mmemasang atribut Golkar yang mengundang kegaduhan. "Kami tidak akan menghambat jika memang nanti hasil konsultasi ke DPP sudah ada. Yang jelas semua harus bersabar," pungkasnya.

Seperti diketahui sengketa kepengurusan DPD II Partai Golkar Kota Jambi sudah usai setelah DPP Mahkamah Partai Golkar memutuskan Budi Setiawan ditetapkan sebagai Ketua Golkar Kota Jambi periode 2020-2025 secara sah. Dengan adanya putusan ini, DPD Golkar Kota kepimpinan Edria Putra hasisl Musda X tanggal  30 Desember 2020 otomatis batal dengan sendirinya.

Dalam putusannya, majelis hakim Mahkamah Partai Golkar menyatakan Budi Setiawan sebagai ketua sah DPD Golkar Kota Jambi 2020-2025 hasil Musyawarah Daerah (Musda) X Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai GOLKAR Kota Jambi yang digelar pada tanggal 26 Juli 2020 dilanjutkan pada tanggal 24 Agustus 2020.  Keputusan Mahkamah Partai Golkar  nomor : 31/PI-GOLKAR/II/2021 tentang perkara perselisihan Musda X DPD Partai Golkar Kota Jambi yang dibacakan majelis hakim Mahkamah Partai Golkar pada Selasa sore (22/06) kemarin.

Setidaknya ada empat point yang dibacakan majelis hakim Mahkamah Partai Golkar dalam putusan tersebut. Pertama, mengabulkan permohonan para pemohon. Kedua, menyatakan sah dan mengikat penyelenggaraan MUSDA X DPD Partai GOLKAR Kota Jambi yang dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2020 dan dilanjutkan pada tanggal 24 Agustus 2020 beserta seluruh keputusan-keputusan yang dihasilkan.

Ketiga, menyatakan batal dan tidak sah penyelenggaraan lanjutan MUSDA X DPD Partai GOLKAR Kota Jambi yang dilaksanakan pada tanggal 30 Desember 2020 beserta seluruh keputusan-keputusan yang dihasilkan. Keempat, memerintahkan DPD Partai GOLKAR Provinsi Jambi untuk menerbitkan Keputusan tentang pengesahan Komposisi dan Personalia DPD Partai GOLKAR Kota Jambi Masa Bhakti 2020-2025 (hasil MUSDA) yang diselenggarakan pada tanggal 26 Juli 2020 dan dilanjutkan pada tanggal 24 Agustus 2020.

Namun, kubu Endria Putra tidak mau menyerah. Dia menyatakan akan melakukan upaya melawan putusan tersebut. Endria secara eksternal akan melayangkan gugatan ke Pengadilan Negeri. Endria sempat makin percaya diri, karena ada sebagian pejabat teras di DPD I Partai Golkar Provinsi Jambi sepertinya juga ‘membackup’ langkahnya.

Pasalnya, DPD I Golkar Provinsi Jambi akan melayangkan surat peninjauan kembali kepada DPP Golkar terkait putusan Mahkamah Partai dalam polemik ini. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris DPD I Golkar Provinsi Jambi, A Rahman. Dia mengatakan, surat permohonan peninjauan kembali atas putusan Mahkamah Partai yang dinilai tidak berkeadilan itu akan segera dilayangkan ke DPP dalam waktu dekat ini.

"Kita akan meminta peninjauan kembali atas putusan itu kepada DPP, Dewan Etik dan Dewan Kehormatan," katanya, Rabu pekan lalu (23/6). Namun, belakangan rencana perlawanan dari kubu Endria tidak terdengar lagi. (fey)






BERITA BERIKUTNYA
loading...