Bawaslu Perkuat Pemahaman Pengawasan

Jumat, 09 Juli 2021 | 07:25:44 WIB

(Khusnizar)

JAMBIONE.COM, JAMBI-Bawaslu Provinsi Jambi terus melakukan persiapan menjelang pelaksanaan Pemilu (Pilpres dan Pileg) dan Pilkada serentak 2024 mendatang.

Saat ini, lembaga pengawasan ini gencar melakukan sosialisasi kepada jajarannya untuk memahami peraturan melaksanakan tugas dan fungsi sebagai pengawas Pemilu.

Anggota Bawaslu Provinsi Jambi, Rofiqoh Febrianti mengatakan, saat ini perlu dilakukan secera terus menerus dalam menguatkan pelaksanaan pembinaan dan pengawasan terhadap tugas pengawas adhoc.

"Dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagai pengawas Pemilu, tentunya harus mengacu pada peraturan berlaku," katanya.

Bahkan, kata Rofiqoh, bagi pengawas Pemilu yang menjalankan tugas dan fungsi secara maksimal dan kreatif dalam perhelatan kontestasi politik nantinya akan diberikan penghargaan.

"Begitu juga sebaliknya, bagi pengawas Pemilu yang melanggar tugas dan fungsi sebagai pengawas Pemilu maka akan diberikan sanksi berdasarkan pelanggaran, disinilah subtansi dari sosialisasi pedoman teknis ini dilaksanakan," tuturnya.

Ke depan, lanjutnya, Bawaslu Provinsi Jambi melaksanakan Supervisi, pemantauan, evaluasi dan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke kabupaten/kota sesuai dengan amanah Perbawaslu Nomor 15 Tahun 2020.

"Ini Tentang Tata Cara Pembinaan dan Pengawasan Terhadap Pelaksanaan Tugas Pengawas Pemilihan Umum dalam rangka meningkatkan kapasitas pengawas pemilu, mengawasi kinerja pengawas pemilu dan menyelesaikan pelanggaran kinerja pengawas Pemilu,” ucapnya.

Selain itu, ia juga berpesan agar peserta memahami betul Perbawaslu Nomor 15 Tahun 2020 dan menjalankan sesuai dengan pedoman teknis jika pengawas pemilu dibawahnya sudah terbentuk.(fey)  






BERITA BERIKUTNYA
loading...