Pemkot Siapkan Rp3 Miliar

Tahun Depan Bakal Rehab 2 Jembatan

Jumat, 16 Juli 2021 | 07:59:07 WIB

 Kabid Bina Marga Dinas PUPR kota Jambi, Agustiawan.
Kabid Bina Marga Dinas PUPR kota Jambi, Agustiawan. (Ist/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI- saat ini pemerintah kota Jambi memiliki panjang jalan status kota 510 Kilometer. Dari ruas jalan status kota itu, 90 persennya berstatus baik. Sementara 10 persen ada yang rusak ringan, hingga sedang. 

"Termasuk juga ada beberapa jembatan yang memang perlu juga untuk diperbaiki," ujar Kabid Bina Marga Dinas PUPR kota Jambi, Agustiawan.

Kata Agus, kondisi jalan di kota Jambi yang mengalami kerusakan tersebut terus diperbaiki. Pemerintah kota Jambi telah menganggarkan untuk pemeliharaan jalan setiap tahunnya. Kamu memang terkadang kondisi cuaca juga berpengaruh terhadap baik buruknya kondisi jalan. 

"Seperti kita tahu saat ini kondisi curah hujan cukup tinggi, sehingga mengakibatkan beberapa Jalan mengalami kerusakan. Selain itu juga pengaruh dari tonase yang melebihi kapasitas," tambahnya.

Ia menambahkan bahwa rata-rata jalan yang diperbaiki setiap tahunnya berkisar di antaranya 15 persen. Pemerintah menganggarkan sebesar Rp2,5 Miliar untuk perbaikan jalan. 

Sementara itu, Kasi Pembangunan Pemeliharaan Jembatan, Binsar Butar-Butar mengatakan bahwa dari sepanjang jalan status kota tersebut tahun depan pihaknya merencanakan 6 jembatan yang diusulkan untuk diperbaiki. Diantaranya adalah jembatan Jalan Samsul Bahrun, Jembatan Jalan Zainir Havis, Jembatan Jalan Lirik, Jembatan Jalan Koni 2, Jembatan Jalan Kaestubun, dan Jembatan Jalan Pattimura arah Kembar Lestari.

"Tapi karena terbatasnya anggaran, maka yang diprioritaskan hanya dua, yaitu Jembatan Zainir Havis dan Jembatan Jalan arah Kembar Lestari," katanya. 

"Untuk melakukan pembangunan dua jembatan tersebut pemerintah akan menganggarkan sekitar Rp3 miliar," katanya.

Binsar menambahkan sebenarnya masih banyak lagi jembatan yang perlu diperbaiki.

"Berdasarkan hasil pemetaan kami itu ada sekitar 10 jembatan yang mesti diperbaiki. Itu khusus di Jalan status kota, kalau di jalan lingkungan tentu banyak," katanya. (ali)






BERITA BERIKUTNYA
loading...